Siapa yang tidak mengenal sosok Kamal A Bakar AR, penyanyi Aceh yang memiliki suara yang khas dan berkarakteristik hingga enak didengar ditelinga para penggemarnya. Pemilik nama lengkap Kamarullah yang saat ini masih berstatus mahasiswa Fakultas Ekonomi bidang studi Ekonomi Managemen di Universitas Samudra (Unsam) Langsa, sudah menuju ajang Internasional membawa harum nama Aceh dalam bidang Kesenian.

Anak kedua dari 5 (lima) bersaudara pasangan A Bakar Ar dan Zuwairiyah ini sudah mulai terjun di dunia tarik suara dari tahun 1999 silam, banyak prestasi yang sudah beliau raih dalam bidang yang ia tekuni selama ini. Panjang lebar kisah-kisah yang beliau sampaikan kepada Tim SamudraNews, mulai dari kisah-kisah awal mulanya ia terjun dibidang tarik suara hingga sampai ke album terbarunya yang baru siap dirilis tahun 2012 ini dan akan dikeluarkan setelah lebaran idul adha mendatang.

Lelaki yang berkulit sawo matang dan memiliki body yang tegap tinggi ini kelahiran Peureulak Aceh Timur 21 Juli 1986 silam, anak dari penyanyi senior Aceh pelantun lagu Mariam Sate A Bakar AR, tinggal di desa Semantang kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur, namun selama berstatus mahasiswa unsam sejak tahun 2008 silam ia berdomisili di kota Langsa.

Awal kisah, Kamal mulai terjun dalam dunia tarik suara berawal dengan sentuhan dan ajakan dari orang tua, dari situlah Kamal mulai berkarir dan menciptakan lagu-lagu terbarunya yang laris di pasaran, ujar Keponakan Muslim, AR dan Armawati Ar ini yang juga para pecinta seni di Tanah Rencong.

Pada tahun 2011, pelantun lagu Hana Hasee melangkahkan kakinya menuju Negara yang memiliki tembok raksasa (Cina-red) mewakili Provinsi Aceh di ajang Expo Internasional yang diselenggarakan di kota Changhai, keberangkatannya ke Negara tersebut didampingi oleh pihak Managemen PTPN-1 Aceh yang berada di Langsa.




Tidak cuma sampai disitu, pada tahun yang sama ia juga mengikuti kompotisi Pekan Kesenian Mahasiswa Daerah Aceh (Peksimida) yang diselenggarakan di Banda Aceh dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Aceh.

Kini, Kamal yang sedang sibuk mempersiapkan Skripsi-nya juga tidak pernah meninggalkan tanggung jawabnya sebagai pelatih seni tari milik PTPN-1 Aceh yang selalu melatihkan para pembakat-pembakat Muda aceh di bidang kesenian.

InsyaAllah, setelah lebaran idul adha mendatang saya akan mengeluarkan album terbaru "Bahtera Hatee 2" yang baru saja siap dirilis pada bulan Januari silam. ucap Kamal, seraya menyatakan album-album yang telah ia keluarkan diantaranya, Hana Hasee tahun 1999, Millenium tahun 2000, Aneuk Nanggroe tahun 2006, Sabu-Sabu tahun 2008, Bahtera Hatee tahun 2010 dan Nazira pada tahun 2011.


Besar harapannya kedepan lahir para pembakat-pembakat seni muda untuk melanjutkan dan membawa harum nama Aceh di mata dunia. [Fadel Aziz Pase]

Kirim Komentar Anda: