Kapolres Langsa Pimpin Patroli Dialogis di Pedalaman Birem Bayeun

LANGSA | Samudra News – Kapolres Langsa AKBP Hariadi memimpin patroli sepeda motor trail di Wilayah pedalaman Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur yang masuk ke wilayah hukum Polres Langsa.

Patroli tersebut menggunakan 15 unit sepeda motor trail dinas dari Satuan Sabhara Polres Langsa dan ditambah 15 unit kendaraan trail non dinas. Kegiatan yang berlangsung pada pada Kamis sore, 29 November 2012 kemarin bergerak dari Mapolsek Birem Bayen dengan tujun Desa Tualang Sawet dan melewati beberapa desa lainnya seperti Desa Birem Rayeuk, Paya Bili Dua dan Alur Nyamuk. Selanjutnya personil polisi kembali ke Mapolsek Birem Bayeuk sekitar pukul 18.30 wib petang.

Kapolres Langsa AKBP Hariadi, mengatakan, bahwa kegiatan patroli dialogis ini meruakan bagian dari program saweu gampong di jajaran Polda Aceh. Intinya adalah untuk menerima masukan dari masyarakat sekaligus mensosialisasikan Kamtibmas serta untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Diakuinya khusus bagi daerah yang dilewati patroli sepeda motor tersebut merupakan kawasan rawan aktivitas pencurian kayu dan pembabatan hutan. Program saweu gampong ini akan terus dilakukan teritama di daerah hukum Polres Langsa yang administrasinya berada di wilayah Aceh Timur.

“Yang saat ini ada tiga Polsek yaitu Birem Bayeun, Ranto Selamat dan Sungai Raya serta satu Polsek di Aceh Tamiang yaitu Polsek Manyak Payed,” ujarnya.

Patroli menggunakan sepeda motor ini dilakukan terutama untuk daerah yang sulit dilalui kendaraan roda empat dan keberadaan desa tersebut di wilayah pedalaman di pinggir hutan. Hampir sebagian desa Kecamatan Birem Bayeun katanya berada dalam kawasasn hutan lindung dan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) serta perkebunan swasta.

Adapun jumlah personil yang diturunkan dalam kegiatan patroli ini sekitar 30 personil. Selain Kapolres juga turut serta Wakapolres Kompol Nono Suryanto, Kabag Ops AKP Galiih Indra Giri, Kasat Sabhara AKP Suyono M, Kasat Lantas AKP Junaeddy, Kasat Reskrim Iptu Firdaus, Kasat Intel AKP Fahruddin, Kasat Binmas AKP Eliadi, Kabag Humas AKP Kamila, Komandan Kompi Brimob Aramiah AKP Charli, Kasiwas Jenata serta Kapolsek Birem Bayeun Iptu Zulkarnain. [ap]
Tags