Belum Ada Kepastian Kapan Perbaikan Jembatan Kapus I

0
Pontianak | SamudraNews : Pemerintah provinsi Kalimantan Barat menutup akses jembatan Kapuas I untuk kendaraan roda empat atau lebih pasca tertabraknya pilar utama jembatan pada Jum'at kemarin oleh ponton (tonkang) pengangkut bauksi, akibatnya ratusan kendaraan roda empat dan kendaraan sejenis truk atau tronton harus melalui jembatan kapuas II yang jaraknya bekisar antara 4 km hingga 5 km menuju pusat ibu kota Propinsi Kalimantan Barat.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya selepas peninjauan langsung guna melihat kondisi jembatan menyatakan untuk sementara jalan masih ditutup untuk kendaraan roda empat, yang diperbolehkan melintasi jembatan hanya kendaraan roda dua.

"Kita masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan masih layak atau tidaknya jembatan Kapuas satu dilewati oleh kendaraan roda empat" ujarnya kepada wartawan, Senin (2/9)

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor berdasarkan hasil pemeriksaaan terdapat kerusakan pada 3 buah fender yaitu satu buah fender tidak terlihat dan dua buah fender lainya dalam kondisi miring, serta terjadi keretakan pada bagian landasar pilar dibeberapa tempat yang lebarnya mencapai 2 milimeter.

"Memang, dengan kondisi seperti sekarang ini belum diperbolehkan kendaraan berat maupun roda empat melintas di jembatan Kapuas I hal ini hal ini merupakan kebijakan Gubernur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan." ungkapnya.

Pada saat kejadian satu dari 15 tiang penopang (fender) di pilar empat terkena hantaman hingga terlepas dari semen pengikat. Atas insiden tersebut pihak perusahaan bertanggung jawab untuk membiayai perbaikan kerusakan jembatan dan perkirakan dalam waktu 2 minggu kendaraan roda empat sudah dapat melewati jembatan tersebut, sedangkan untuk kendaraan sejenis truck atau tronton/trailer diperkirakan butuh waktu hingga 3 bulan mendatang setelah penyelesaian pekerjaan baru dapat melewati Jembatan Kapuas I.
 
Hingga berita ini diturubkan belum ada kepastian kapan akan dimulai pengkerjaan Perbaikan Jembatan Kapuas I karena masih menunggu hasil kajian, serta persiapan anggaran, pralatan dan dll.

Jembatan Kapuas I dibangun pada tahun 1980 dengan panjang  420 meter dan lebar 6 meter dan baru diperoperasikan  tahun 1982 sebagai jembatan penghubung utama DAERAH Pontianak Tenggara dan Pontianak Timur

Jembatan Kapuas I memiliki delapan pilar utama dimana setiap pilar terdiri dari dua tiang utama dan pada bagian bawah ditopang oleh 15 tiang yang menancap ke dasar sungai, antara dua tiang utama dan 15 tiang penopang tersebut terdapat bagian yang di semen (landasar pilar) yang berfungsi sebagai penahan bagian bawah dua tiang utama juga sebagai ujung atas dari 15 tiang penopang

Tiang penopang tersebut menancap hingga kedalaman 40-60 meter dari permukaan dasar sungai sementara ketinggian dari dasar sungai ke semen pengikat berkisar 18 meter, setiap pilar terutama yang ada di bagian sungai dilindungi oleh pelindung yang terbuat dari tiang dan plat besi berukuran tebal, diperkirakan Jembatan tersebut mampu bertahan hingga 50 tahun kedepan.

Selain wakil Gubernur Kalimantan Barat dan Kadis PU Provinsi Kalbar, kunjungan tersebut diikuti oleh Weibiseno Kasatpol PP Prov Kalbar dan Krisna Panji dari Pusat penelitian jalan dan jembatan serta rombongan lain guna melihat langsung kondisi riil kerusakan yang terjadi. [alam]

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)