Kantor Perpustakaan dan Arsip Aceh Timur Adakan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Asisten II Drs. Moch Muchktar, M.AP, 
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip, Camat Peureulak Kota 
dan Kabag Humas & Protokol Setdakab Aceh Timur 
sedang berfoto bersama sebahagian peserta lomba 
bercerita (Sinopsis) selepas acara pembukaan di aula 
kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur
samudra-news.com | Aceh Timur - Dalam realitas masyarakat kita saat ini, masyarakat mengalami lompatan budaya atau lompatan tahapan dari masyarakat tradisional ketahap yang modern dimana seharusnya manusia harus melewatkan tahapan literasi yang justru tahapan ini terlewatkan dewasa ini sehingga mengakibatkan masyarakat menjadi malas untuk membaca dan lebeh cenderung menghabiskan waktunya untuk menonton televisi. Untuk mencegah hal tersebut menjadi lebih buruk lagi, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur mengadakan perlombaan Bercerita (Sinopsis) bagi anak-anak SD/MI dengan harapan anak-anak generasi muda bisa lebih memncintai atau lebih cenderung gemar membaca sehingga bisa melahirkan generasi muda penerus bangsa yang cinta baca.

Tujuan pelaksanaan lomba bercrita untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam bidang pengetahuan tentang bercerita. Waktu pelaksanaan kegiatan lomba bercerita ini direncanakan 1 (satu) hari yaitu pada tanggal 23 April 2014  yang akan dimulai pada pukul 08.30 wib sampai dengan selesai.

Drs. Z. Abidin, M. Si, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur, dalam laporannya menyampaikan,jumlah peserta yang mengikuti perlombaan bercerita tingkat SD/MI ini berjumlah 70 peserta yang terdiri dari 35 orang putra dan 35 orang putri. Sementara dewan juri berjumlah 6 orang  yang sudah berpengalaman dari Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur. Fasilitas yang disediakan panitia untuk peserta yaitu: transportasi, uang saku, konsumsi dan sertifikat untuk peserta dan guru pendamping.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemenang juara 1 ditingkat kabupaten akan diperlombakan ke tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2014 di Kota Cane dan juara 1 tingkat Provinsi akan diperlombakan pada tingkat Nasional di Jakarta pada bulan Agustus 2014.

Dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan bahwa belum semua sekolah bisa di undang dan insya Allah apabila dana yang dibutuhkan pada tahun depan tersedia dengan cukup maka kegiatan yang serupa ini akan diikuti oleh seluruh SD/MI se Aceh Timur, menskipun demikian pada kesempatan ini ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dunkungan sehingga kegiatan perlombaan bercerita ini bisa terselenggara dengan baik seperti yang diharapkan.

Sementara itu Asisten II Setdakab Aceh Timur Drs. Moch. Muchtar, M.AP dalam kata sambutannya mengatakan Pemerintah Aceh Timur sangat gembira atas terselenggaranya lomba bercerita synopsis yang tujuannya untuk mencari siswa siswi yang berprestasi dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur sebagai bentuk motivasi serta menngkatkan minat baca bagi generasi muda dimasa mendatang.

Lebih lanjut ia mengatakan, membaca adalah gerbang pintu masuk untuk memperoleh ilmu pengetahuan, karena dengan membaca akan mengantarkan manusia untuk memahami berbagai aspek kehidupan di dunia dan juga kehidupan di akhirat, kebiasaan membaca harus dimulai dari usia dini dengan melibatkan keluarga, sekolah, masyarakat dan Pemerintah. Bahkan seorang ibu hamil sudah dapat mengajarkan anaknya dalam kandungan dengan cara mendengarkan bacaan AL- Qur`an maupun music dan hal seperti ini sudah banyak diterapkan di Negara-Negara maju.

Karena itu gemar adalah modal menjadikan bangsa kita berkualitas dan bermartabat, kegemaran membaca merupakan salah satu kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, memperbaiki prilaku, mempertajam perasaan, peka terhadap lingkungan serta mengenal potensi diri” pungkasnya. Oleh karena itu ia juga berharap agar dana kegiatan ini untuk tahun anggaran 2015 mendatang agar dapat diusulkan lebih banyak lagi agar para siswa/siswi dari SD/MI kecamatan yang erada di pedalaman aceh Timur bisa diikut sertakan agar mereka (murid-murid) juga bisa merasa sejajar dan setaraf dengan murid-murid yang bersekolah di perkotaan.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Kadis Perternakan dan kesehatan hewan, Kasatpol PP, Sekretaris Dinas Perhubungan, Camat Perlak Kota dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Timur beserta tamu dan undaggan lainnya.[]Mmg