Aceh Timur Akan Kembangkan Bibit Kedelai

0
Samudra News
Bupati Aceh Timur Hasballah M.Thaib didampingi Kadis Pertanian, Kepala BP4K beserta tenaga penyuluh pertanian lapangan sedang memperlihatkan contoh tanaman kedelai yang ditanam diareal PATB gampong Paya Palas, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur dalam peninjauan yang dilaksanakan, Selasa (24/6) kemarin.
“Pengembangan ini bertujuan untuk mengurangi kebutuhan bibit import dari daerah luar sekaligus mengurangi pengeluaran petani”. 

Samudra-news.com | Aceh Timur - Dalam upaya meningkatkan hasil kedelai yang maksimal bagi petani, Bupati Aceh Timur Hasballah M.Thaib menekankan untuk kedepannya akan mengembangkan kawasan penangkal bibit kedelai dibeberapa daerah dalam wilayah kabupaten tersebut.

“ Pengembangan kawasan penangkalan bibit kedelai harus segera kita laksanakan, sehingga untuk tahun mendatang tidak ada lagi bibit kedelai yang harus dimasukkan dari daerah luar, terutama dalam pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) yang kini digalakkan pemerintah daerah,” ungkap Hasballah M.Thaib ketika melakukan kunjungan kerjanya dilahan kedelai milik petani di Gampong Paya Palas, Kecamatan Ranto Peureulak, Selasa (24/6).

Dikatakannya, dengan adanya penangkalan bibit kedelai nantinya mampu memenuhi kebutuhan bibit untuk areal PATB seluas 23 ribu hektar yang tersebar disejumlah kecamatan di Aceh Timur. “  Termasuk juga areal pertanian kedelai yang dikelola secara pribadi oleh masyarakat,” ujarnya. 

Menurutnya, untuk tercapainya semua program tersebut maka langkah kedepan semua kelompok tani yang potensial, petugas penyuluh pertanian harus dapat berperan aktif untuk mengembangkan semua potensi yang sudah tersedia. “ Pemkab Aceh Timur kedepannya akan berupaya dalam pemenuhan lahan abadi yang diperuntukkan sebagai areal penangkal bibit kedelai,” pungkas Hasballah M.Thaib. 

Dimana keberadaan lahan tersebut juga sebagai salah satu upaya dalam mendongkrak pemenuhan kebutuhan akan kedelai nasional agar bisa semakin berkembang. “ Selain itu, Aceh Timur harus menjadi salah satu kabupaten lumbung kedelai baik ditingkat Provinsi maupun  tingkat nasional,” sebutnya. 

Hasballah M.Thaib juga menghimbau kepada kepada petani di Aceh Timur untuk selalu mengembangkan kedelai, “ jangan bulan ini tanam kedelai, bulan depan sudah tanam kelapa sawit,” tegas Bupati Aceh Timur sembari mengatakan, dalam mensukseskan program tersebut pemerintah daerah tanpa hentinya terus mensuport dan memberikan semangat bagi kelompok tani agar lahan kedelai saat ini bisa menjadi lahan abadi untuk penanaman kedelai setiap tahunnya karena menurutnya keuntungan menanam kedelai akan lebih banyak bila dibandingkan dengan menanam sawit.

“Bandingkan saja bila dalam satu hektar selama tiga bulan hasil dari kedelai bisa mencapai 15 juta rupiah dan kalikan selama 3 triwulan sudah berapa hasil yang akan diperoleh, nah sedangkan sawit perlu proses dan belum tentu bisa menghasilkan sekian juta selama tiga bulan dalam perhektarnya” ujar Hasballah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Timur Hasballah M.Thaib juga menyampaikan terimakasihnya kepada para petani, tenaga penyuluh pertanian terhadap kerjasamanya dalam menjalankan program pemerintah terhadap pengembangan kedelai di kabupaten ini. “ Semua kegiatan yang dicanangkan pemerintah adalah untuk kesejahteraan rakyatnya, karena itu diharapkan petani agar tidak menyia-nyiakan bantuan yang telah diberikan pemerintah ini dan harus terus dikembangkan dan di tingkatkan guna mendongkrak perekonomian para petani itu sendiri nantinya” pinta Hasballah M.Thaib.


| Iskandar Ishak

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)