Aceh Timur Adakan Penyususnan LPPD

0
samudra news
Kantor Pemerintah Aceh Timur
samudra-news.com | Aceh Timur - Upaya pembinaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan merupakan salah satu variabel penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dengan harapan dapat meminimalisir diviasi yang dilakukan oleh aparatur dengan peningkatan kapasitas aparat pemerintahan. Oleh sebab itu untuk mendukuing pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah tentunya tidak terlepas dari bagaimana mengelola tata pemerintahan dengan baik, sebab praktekpemerintahan yang baik bagi masyarakat adalah pengelolaan dan keputusan manajemen publik yang harus transparan dan akuntabel. Dalam konteks akuntabel pemerintah tidak dapat mengangap bahwa masyarakat itu semata-mata hanyalah sebagai konsumen pelayanan publik, akan tetapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat yang mempunyaihak-hak dasarnya sebagai warga negara.

Berdasarkan hal tersebut diatas, pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Bagian PemerintahanUmum pada Kantor Sekretariat Daerah pada Kamis, 26 Juni 2014 menyelengarakan Evaluasi Pemantapan Penyususnan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Pengisian Suplemen LPPD Kabupaten Aceh Timur Tahun 2014 di Aula Serbaguna Pendopo Bupati Aceh Timur, Idi.

Kabag Pemerintahan Umum, Syafrizal, SH dalam laporannya mengatakan, tujuan utama dari pelaksanaan evaluasi pemantapan penyususnan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dan pengisian suplemen LPPD kabupaten Aceh Timur tahun 2014 ini adalah dalam rangka menfasilitasi teknis-teknis penyusunan laporan dan pengisian suplemen, guna bertambahnya pengetahuan serta meningkatkan kualitas sumber daya aparatur dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam rangka perwujudan pertanggung jawaban tugas pokok dan fungsi serta pengelolaan sumber daya pelaksanaan kebijakan dan program yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah menuju tata kelola pemerintahan yang baik.

Lebih lanjut ia mengatakan, jumlah peserta sebanyak 63 orang yang terdiri para pejabat struktural di lingkungan, dinas, badan dan kantor serta bagian-bagian sekretariat daerah dan sekretariat DPRK. Dengan materi evaluasi yang diberikan antara lain implementasi tentang LPPD, materi pokok LPPD, pengisian capaian kinerja dan pengambilan kebijakan, pengisian suplemen capaian kinerja pelaksanaan kebijakan, dan capaian kinerja standar pelayanan minimal serta penyususnan LPPD.

Sementara itu Assisten I bidang pemerintahan, Adlinsyah, S.Sos, M.AP dalam sambutannya mengatakan pada dasarnya laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) merupakan suatu hasil pengolahan data yangh urgen terhadap indikator kinerja kunci (IKK) dan capaian kinerja pada tataran pengambilan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan. Capaian kinerja sebagai pembanding antara realisasi capaian kinerja dengan rencana kinerja yang ada, sehingga dalam penyelenggaraan pemerintah telah melaksanakan visi, misi pemerintahan daerah sebagaimana yang ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah KABUPATEN Aceh Timur.


| Mmg

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)