Pergub Aceh Larang Bawa Bongkahan Giok Aceh, Untungkan Pengrajin.

0
Giok Aceh
samudra-news.com | Langsa - Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Larangan Pengiriman bahan mentah /atau bongkahan Batu Giok Aceh dengan berbagai jenis kini menjadikan para pengrajin batu semakin kebanjiran ordernya untuk mengasah batu giok, demian ungkap Bang AlFian (41th) yang disapa akrab Al-Tatoo selaku pengrajin/pengasah batu giok yang mangkal di Jln. Teuku Umar lorong gang toko cat JOTUN, kota Langsa-Aceh pada Senin (26/10).

Al-Tatoo mengaku telah menekuni batu batu asah giok selama 4 tahun, Dan baru mendengar bahwa adanya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Larangan Dan pelestarian Batu Giok Aceh ke luar wilayah Aceh yang berbentuk batu bongkahan" kata Al-Tatoo.

Al-Tatoo menyebutkan bahwa "Kalau ada peraturan Pergub demikian berarti pengrajin batu Giok yang ada di Aceh akan menjadi lebih baik pendapatan penghasilannya, sebab bisa dipastikan akan membawa dampak pada perubahan ekonomi" kata Al

Giok Aceh
Masih dengan Al-Tatoo "Terkadang nilai kepuasan pembeli batu Giok Aceh ini bergantung pada bahan yang di peroleh, nah, Jika pembeli yang berasal dari luar daerah seperti pulau Jawa, Kalimatan dan daerah lainnya meminta bahan bongkah yang masih berbentuk bahan mentah, sudah di pastikan harus turun langsung ke Aceh setelah melihat foto yang dikirim rekan di Aceh melalui BBM atau Facebook, untuk selanjutnya memilih bahan batu giok penghias jari" ucap Al-Tatoo yang melayani Pelanggan dari jam 10.00 WIB hingga 24.00 WIB ini.

Al-Tatoo juga mengaku bahwa terkadang untuk melayani para pecinta batu giok Aceh ini, tak jarang hingga jam 02.00 WIB dini hari baru tiba di rumah, untuk antisipasi lonjakan peminat memang tak bisa di cegah sebab mereka juga harus kita layani dengan baik Dan di usahakan kembali keesokan harinya lagi" papar Al-Tatoo sang Designer Batu Giok Aceh ini.

"Kalau di Rangking Giok Aceh menurut Al-Tatoo yakni : Ranking pertama adalah indocresh yang memiliki macam ragam jenis warna menariknya, sedangkan di rangking ke duanya adalah Giok Aceh Solar dengan berbagai fariannya, alasanya karena indocresh ini adalah bahan yang sudah memiliki kristal lembut antara 7-8 MOSH Dan kalau diasah juga membangkitkan hasil yang maksimal Jika di panjang dengan Kasat mata" sebut Al-Tatoo.

"Jenin Giok Aceh Indocresh yang paling keras untuk di tata menjadi baru Cincin sebab memilik skala 7 s/d 8 MOHS kadar kristalnya, namun kalau sudah jadi batu cicin akan puas bagi pemakainya" kata Al-Tatoo yang jebolan hasil asahannya sudah sampai ke pulau- pulau di Nusantara ini.

"Mengasah batu di tempat mangkalnya dengan harga berkisar sangat variatif tergantung jenis batu Dan kekerasan batunya antara Rp. 25 ribu s/d Rp. 50 ribu, untuk nilai hasil asahan yang mengharuskan Al-Tatoo untuk mencari motif Giok Aceh dengan Nilai Artistik sempurna maka di banderol menjadi Rp. 50 ribu, kalau biasa saja harga Rp. 25 ribu rupiah" papar Al-Tatoo yang juga menyediakan bahan batu Giok Aceh berbagai jenis ini.

| Khalil

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)