Geuchik dan Tuha Peut Gampong Harus Sinergis

0
Samudranews.com - Aceh TImur | Bertempat DI Aula Gedung diklat BKPP Aceh Timur, pada Rabu pagi, 20/05/2015 telah berlangsung pembukaan acara Pembekalan Tugas bagi Geuchik dan Tuha Peut Gampong Angkatan II tahun 2015 yang dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Drs. Zahri, M.AP yang diikuti sebanyak 60 orang yang terdiri dari Geuchik dan Tuha Peut Gampong yang berasal dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Pantee Bidari dan Kecamatan Simpang Ulim.

Menurut ketua pelaksana kegiatan, Usman Abdullah, S.SoS.I yang juga merupakan Kepala Bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur menjelaskan, tujuan Pembekalan Tugas bagi Geuchik dan Tuha Peut Gampong ini merupakan kebutuhan penting dan mempunyai nilai yang sangat strategis guna untuk mencapai perubahan sisitem pelayanan kearah yang lebih baik terhadap kualitas pelayanan public di tingkat Gampong, hal ini dapat dipahami bersama bahwa pentingnya pembekalan tugas bagi aparatur pemerintahan di tingkat Gampong, sehingga pemerintahan di tingkat Gampong dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan aturan dan Undang-Undang yang berlaku.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaksanaan pembekalan tugas bagi Geuchik dan Tuha Peut Gampong ini dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari dengan menghadirkan narasumber atau pemateri acara berasal dari Biro tata pemerintahan Setda Aceh dan unsur Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur sendiri.

Sementara itu. Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Timur, Drs. Zahri, M.AP dalam kata sambutannya ketika membuka acara dimaksud mengatakan sebagaimana kita ketahui bahwasannya Geuchik merupakan pemimpin pemerintahan terkecil di tingkat Gampong yang menjadi ujung tombak pelaksana pemerintahan, begitu juga halnya dengan para perangkat Tuha Peut Gampong yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan jalannya roda pemerintahan di tingkat Gampong.

Dalam kesempatan ini, Drs. Zahri, M.AP juga mengingatkan para Geuchik dan Tuha Peut bahwasannya transparansi dan akuntablitas dalam melaksanakan roda pemerintahan di tingkat Gampong sangat diperlukan, apalagi yang menyangkut masalah keuangan, sebab pada tahun ini seluruh desa di Tanah Air akan mendapatkan Alokasi Dana Desa atau Gampong yang akan dikelola sendiri oleh aparat Gampong sehingga akan sangat memudahkan penyelewengan dilakukan oleh aparat Gampong, “kalau hal seperti itu jangan pernah terfikirkan apalagi mencoba untuk melakukan hal-hal yang dapat merugikan saudara sekalian terutama kerugian bagi masyarakat dan Negara” tgasnya, sebab hal seperti itu akan bermuara pada tindak pidana yang sudah barang tentu saudara sekalian akan berurusan dengan aparat penegak hukum. Oleh karena itu saya berharap dalam mengambil sebuah kebijakan harus esuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, terutama dalam menyusun rancanan pembangunan menengah Gampong serta tertib administrasi Gampong lainnya sehingga pemerintahan di tingkat Gampong dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan.
 
| Arjuna

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)