Lembaga Pendidikan Islam Harus Proaktif Bangun Desa

0

Okezone

Samudra News | TUBAN -Lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren (Ponpes) berperan penting dalam sejarah perjuangan dan pembangunan bangsa. Oleh karena itu, Ponpes dapat berperan aktif dalam membangun desa.

Hal tersebut diutarakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar saat menghadiri acara di Yayasan Sunnatunnur, Senori, Tuban, Jawa Timur.

"Keberadaan Ponpes di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting, khususnya di perdesaan. Selainmenjalankan misi mencerdaskan masyarakat berdasarkan ajaran Islam sertamembangun sikap dan perilakuakhlakul karimahdalam kehidupan sehari-hari, juga dapat pula berperan strategis menjadi lokomotif perubahan masyarakat desa menuju kondisi yang lebih bermartabat, maju dan sejahtera," ungkap Marwan dalam keterangannya, Senin (27/7/2015).

Oleh karena itu di era pemerintahan Jokowi-JK sekarang ini, kata Marwan, lembagapendidikan Islam harus mampu berperan nyata dalam mengawal dan mensukseskan pelaksanaan pembangunan desa yang mengemban amanat UU Desa 6/2014 dan sekaligus mewujudkan Nawacita.

Menurut Marwan, kewenangan desayang sangat besar sekarang ini dalam pelaksanaan pembangunan desa termasuk mengelola langsung dana desa harus menjadi barokah."

Jangan sampai dana desa menjadi musibah yang penuh dengan penyimpangan dan memicu konflik sosial di tengah masyarakat. Disinilah peran lembaga pendidikan Islam seperti pesantren sangat dibutuhkan, khususnya dalamikut mengawasi dan mengawal penggunaan danadesa secara amanah, transparan, akuntabel," ungkapnya.

Lembaga pendidikan Islam menurutnya mempunyai tanggung jawab moral dan sosial yang sangat besar.

"Para alumninya banyak yang berkiprah di desa sebagai kiai, ustadz maupun tokoh masyarakatdesa. Selain itu juga sebagian besar keluarga peserta didik lembaga pendidikan Islam banyak yang dari desa, dan secara sosial ekonomi relatif masih membutuhkan pemberdayaan," pungkasnya.

| Okezone


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)