Demi Meningkatkan Suasembada Pangan Babinsa Terjun ke Sawah


samudranews.com-Cilacap-Babinsa Karangjati Koramil Maos Serda Tofik terjun ke sawah bantu petani mengolah lahan sawah dengan metode modern di areal sawah Desa Karangjati, Kecamatan Sampang,Selasa (16/10).

Disela sela kegiatan babinsa memantau kondisi keamanan dan ketertiban di wilayah binaaan, Babinsa terjun langsung ditengah tengah masyarakat untuk memberi motivasi dan menekankan pentingnya pengamanan materiil barang pertanian, salah satunya traktor yang memiliki fungsi penting untuk membantu pengolahan tanah di awal Musim Tanam.

Babinsa Karangjati mengatakan traktor merupakan Alat pengolahan lahan modern untuk membantu petani menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan sistem traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan gembur. Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma akan mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, sehingga tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air, jelas Serda Tofik.

Pengolahan sawah di Desa Karangjati sedang di kebut karena Musim tanam ini mundur satu bulan, diharapkan dengan menggunakan traktor ini bisa segera selasai, saya tekankankan petani segera lakukan penyetelan agar Bulan januari akhir mangsa tujuh sudah bisa panen, Tegasnya.

| Urip