Aksi Gropyok Hama Tikus, Danramil Kroya Turun Langsung Bantu Petani



SamudraNews.com | Cilacap - Danramil 03/Kroya, Kapten Inf Tugirun bersama-sama dengan anggota Babinsa, PPL dan puluhan petani anggota Kelompok Tani Maju Lancar di area sawah dusun  Gebang Sari RT 05 RW 01desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap  melakukan gropyok tikus, Minggu (2/12).

Hama tikus cukup meresahkan para petani disamping merusak bibit padi yang baru disemai, tikus betina dapat melahirkan 8 ekor anak tikus sekaligus. Kegiatan ini dinilai sangat efektif, pasalnya tikus yang menyerang sawah petani hampir membuat putus asa mengatasi serangan hama tikus yang menyerang areal persawahannya. 

Berbagai cara dilakukan sebelumnya baik dengan racun ataupun jebakan tikus namun populasi tikus terus meningkat. Dibantu anggota TNI dari Koramil 03/Kroya, puluhan petani beramai ramai berburu tikus dengan peralatan seadanya. Aksi gropyokan tikus ini terbukti efektif membunuh tikus yang bersembunyi di dalam lubang-lubang.

Danramil 03/Kroya, jajaran Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Tugirun yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan, gerakan pemberantasan hama tikus atau gropyok tikus merupakan suatu upaya awal yang berkesinambungan, artinya dilaksanakan secara terus menerus. Sebab hama tikus tidak bisa dibasmi secara tuntas dalam satu hari, namun dalam jangka waktu yang lama dan ini hanya bisa mengurangi populasinya saja. 

Mengingat satu pasang tikus dapat mengembangbiakkan kurang lebih 2000 tikus selama satu tahun. Setiap hari sebetulnya para petani sudah melakukan perburuan terhadap hama tikus, yaitu dengan cara memberi umpan racun dan perburuan dengan cara lain, namun sifatnya hanya perorangan.

"Dari aksi gropyokan tikus Koramil Kroya bersama warga mendapat ratusan ekor tikus, yang berhasil ditangkap dan dimusnahkan. Dengan musnahkan hama tikus ini diharapkan hasil panen padi akan meningkat, sekaligus bisa menjadi penyokong lumbung pangan nasional, sesuai dengan program Swasembada Pangan Nasional". Pungkas Kapten Inf Tugirun. 

| Sutaryo