Danramil 22/Lgsb, Bahaya Hiv Aids Dikalangan Masyarakat


SamudraNews.com | Langsa-Sosialisasi pemahaman serta pencegahan terhadap virus mematikan HIV/AIDS dilakukan Danramil 22/Langsa Barat Kapten Inf Sukamto, yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Langsa, bertempat di Dikantor Geucik Kuala, Desa Kuala, Kecamataan Langsa Barat, Kota Langsa, Rabu (09-01-2019).

Kegiatan itu dimaksudkan untuk mencegah agar penyakit HIV/AIDS tidak menjangkiti pada diri masyarakat khususnya para pemuda dan pemudi, karena penyakit itu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bagi mereka yang terjangkit.

Ia juga menjelaskan  bahwa HIV atau AIDS memang masuk kategori penyakit menular, tetapi penularannya tidak seperti yang beredar saat ini di kalangan masyarakat. Mereka yang menderita penyakit ini, juga punya hak hidup sama seperti kita, "ujarnya.

Sudah selayaknya dan sudah sepantasnya, kita memberi uluran tangan kepada mereka, terutama nantinya Babinsa akan menjadi kader dalam sosialisasi virus mematikan ini, bukan malah diintimidasi atau dikucilkan, karena sebagian dari mereka tertular virus ini bukan karena melakukan perilaku menyeleweng, sebagai contoh balita-balita yang diduga ikut tertular penyakit ini, mereka ini sama sekali tidak tahu menahu apa yang sudah diperbuat orang tua mereka. Kita jangan menghakimi mereka, seakan-akan diri kita lebih mengerti daripada Tuhan, "tambah Sukamto.

Dalam acara sosialisasi ini sangatlah penting, hingga hasilnya nanti dapat disebarluaskan kepada seluruh lapisan masyarakat, lingkungan keluarga dan lingkungan kerja masing-masing.

“Saya sangat mengharapkan peran serta aktif dari peserta maupun seluruh elemen masyarakat Desa Kuala ini, agar kita dapat mendapatkan pemahaman yang benar mengenai HIV/ AIDS ini. Dengan pemahaman yang benar dapat menghindari dan mencegah HIV/AIDS bagi diri kita. Sedangkan untuk penderita dianjurkan supaya berobat secara teratur, "pungkasnya.

| Kusdiyono