Babinsa Berikan Motivasi Pengrajin Batu Bata Untuk Tingkatkan Usaha


SamudraNews.com | Aceh Timur-Babinsa Koramil 16/Peudawa Kodim 0104/Aceh Timur Kopda Suyanto melaksanakan anjangsana kepada pengrajin batu bata Bapak Murdani, yang bertempat di Desa Seunebok Peuntet, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (21-05-2019).

Dengan turunnya Babinsa ditengah masyarakat diharapkan memberi rasa tentram dan sebagai manifestasi dari 8 Wajib TNI. Kegiatan anjangsana tersebut selain untuk lebih mendekatkan silaturahmi Babinsa kepada warga binaan juga untuk memberikan motivasi dalam bidang kerajinan batu bata untuk dapat meningkatkan usaha. 

Diketahui bahwa Murdani merupakan contoh bagi warga lain di Desa Seunebok Peuntet, hal ini dikarenakan ia dikenal sebagai pengrajin batu bata. Warga mengolah tanah liat yang dimanfaatkan menjadi batu bata, "ungkap Danramil 16/Pdw Kapten Inf Agung BS melalui Babinsanya kepada SamudraNews.Com. 

Meski pasar yang mampu digarap baru pasar lokal seperti toko bangunan dan warga di wilayah sekitar untuk pembuatan bangunan rumah, namun begitu pembuatan batu bata berbahan tanah liat ini sangat membantu pendapatan ekonomi masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, "tegasnya. 

Selain itu ia juga menjelaskan proses pembuatan batu bata, serta bagaimana alur mendistribusikan hasil batu bata tersebut kepada para penyalur dan juga para penjual atau toko-toko bahan bangunan, "imbuhnya lagi. 

Babinsa Ramil 16/Pdw Kopda Suyanto merasa terpanggil untuk membantu warganya dalam memotivasi dan meningkatkan usaha industri rumah tangga pembuatan batu bata yang di geluti warganya itu.

Untuk itu selaku Babinsa Desa Seunebok Peuntet bersama pemerintah desa terus memberikan motivasi dan mempelopori usaha usaha kecil, Industri Rumah Tangga dan pengrajin batu bata untuk mengatasi kesulitan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam meningkatkan penghasilan dan gairah para pengrajin, Pemerintah Desa Seunebok Peuntet tentunya harus mendorong pengrajin batu bata merah sebagai produk unggulan desa.

Melalui program pemberdayaan masyarakat, pengadaan alat mesin modern agar kualitas batu bata merah semakin bagus dan berkelas, ”pungkasnya.

| Kusdiyono