Kodim 0104/Atim Laksanakan Binfung Siter Tw-II Ta.2019



SamudraNews.com | Langsa- Komando Distrik Militer (Kodim) merupakan eselon pelaksana Komando Daerah Militer/Komando Resort Militer (Kodam/Korem) dan berkedudukan langsung di bawah Korem. Kodim bertugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat serta menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam/Korem. Fungsi utama selain Operasi Militer Perang (OMP) tugas Kodim juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yakni Pembinaan Teritorial dimana Binter berfungsi untuk menyelenggarakan pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan perlawanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial dan pembinaan bakti TNI. 

Seperti yang di laksanakan hari ini, Kodim/Aceh Timur 0104/Aceh Timur melaksanakan Pembinaan Fungsi (Binfung) Seksi Teritorial (Siter) Triwulan-II TA. 2019, yang bertempat di Koramil jajaran Kodim 0104/Atim, Selasa (21-05-2019).

Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis melalui Pasiter Kapten Inf Meswanto mengatakan bahwa, maksud dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada Komando Atas tentang laporan hasil pelaksanaan kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Triwulan-II TA. 2019 Kodim 0104/Atim yang telah dilaksanakan oleh Kodim 0104/Atim, ”ungkapnya kepada SamudraNews.Com.

Lanjutnya, tujuan dari Binfung ini sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Triwulan-II TA. 2019 Kodim 0104/Atim sehingga dapat dijadikan bahan masukkan guna menyempurnakan pelaksanaan kegiatan berikutnya. Serta meningkatkan kemampuan Binfung kegiatan Siter Kodim dalam mencapai tugas pokok dan program sesuai perkembangan situasi dan kondisi. ”jelasnya.

Hasil yang dicapai terdiri dari : Secara kuantitas, dapat terselenggaranya kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Triwulan-II TA. 2019 Kodim 0104/Atim. Serta secara kualitas dapat terselenggaranya kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Kodim sesuai dengan target yang telah ditetapkan, Meningkatnya kemampuan kinerja Pasiter Kodim dalam melaksanakan tugas pembinaan Teritorial, serta meningkatnya kemampuan mobilitas Pasiter Kodim dalam melaksanakan tugas seperti :

1. Pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan bakti TNI, pembinaan perlawanan wilayah.
2. Menyelenggarakanperencanaanpembinaanteritorial, menyelenggarakan perencanaan pembinaan Geografi, Demografi dan Kondisisosial.
3. Melaksanakan pengawasan staf tentang kegiatan pembinaan teritorial yang telah diprogramkan.
4. Menyiapkan laporan sesuai dengan bidang tugasnya kepada satuan atas.    

Dan saya berharap kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Triwulan-II TA. 2019 Kodim 0104/Atim ini dapat berjalan dengan aman dan lancer, “pungkasnya.

| Kusdiyono