SamudraNews.com | Aceh Timur-Untuk mewujudkan swasembada pangan, seperti yang diprogramkan Pemerintah, semua pihak perlu membantu kendala yang dihadapi petani. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 20/Pante Bidari Kodim 0104/Aceh Timur Sertu Azis membantu petani mengairi sawah dengan menggunakan pompa diesel, Senin (13-05-2019).

Musim kemarau yang panjang mengakibatkan areal pertanian yang akan ditanami padi di Desa Meunasah Teungoh, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, kekurangan pasokan air.  Kondisi ini membuat para petani harus bekerja keras untuk mengatasinya agar pasca tanam, padinya tetap hidup.  Salah satu solusinya dengan melakukan pengairan menggunakan diesel pompa air dari sumur bor yang ada di areal pertanian.

Danramil 20/Ptb Kapten Inf Wagimin melalui Babinsanya mengatakan bahwa, perlu kerja keras untuk mengolah sawah pada saat musim kemarau seperti sekarang ini. Sementara untuk memenuhi kebutuhan pengairan, sambil menunggu hujan turun, pengairan diambilkan dari sumur bor yang ada disekitar lahan dengan cara menarik selang sepanjang puluhan meter, ini usaha sementara yang harus dilakukan, "ungkap Azis kepada SamudraNews.Com.

Lanjutnya, tanaman padi milik Syamsuri ini dalam masa persiapan tanam, sehingga banyak memerlukan pasokan air, apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan tanam, sehingga petani tidak akan bisa menggarap sawahnya, "tegasnya. 

Syamsuri juga menyampaikan terima kasih kepada Babinsa Sertu Azis yang berperan aktif membantu kesulitannya maupun masyarakat desa setempat. Kegiatan seperti ini dirinya berharap agar terus dipertahankan dan ditingkatkan, " ucapnya. 

Bila kebutuhan air di sawah tercukupi, maka akan mudah untuk ditanam, pasaca tanam pun padi akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian,” pungkasnya.

| Kusdiyono

Kirim Komentar Anda: