Pemanfaatan Lahan Kosong, Untuk Ketahanan Pangan


SamudraNews.com |Aceh Timur-Pemanfaatan lahan atau pekarangan yang kosong dengan menanam sayur-mayur maupun tanaman konsumsi lainnya merupakan salah satu bentuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu, memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam tanaman pangan juga akan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Serda Sartono, membantu mitra Desa binaannya Aldiansyah Siregar, melakukan pengolahan lahan dengan menanam sayuran seperti, sawi dan cabai, di lahan kosong miliknya, yang bertempat di Desa Bukit Drieh, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (14-05-2019).

“Kami memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun sawi dan cabai di wilayah Desa binaan, ”ungkap Danramil 12/Sry Kapten Kav Khairul Nizam melalui Babinsanya Serda Sartono kepada SamudraNews.Com.

Menurutnya, lahan kosong tidak akan mendatangkan manfaat, apabila tidak dikelola dengan maksimal. 

“Sayang sekali lahan itu jika tidak dimanfaatkan, namun dengan ditanami sayur mayur seperti sawi dan cabai, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, ”ucapnya.

Lanjutnya, Dandim 0104/Atim, Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, telah memerintahkan jajarannya  untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan yang kosong untuk ditanami berbagai sayuran. 

“Saya harap upaya memanfaatkan lahan kosong tersebut, dapat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Aceh Timur, ”pungkasnya.

| Kusdiyono