Sosialisasi Gerakan Pengendalian OPT Padi, Danramil Berikan Motivasi Petani



SamudraNews.com-Cilacap,  Bersama Kelompok Tani (Poktan) Setyo Ngudi Karyo, Danramil 15/Karangpucung Kapten Inf Yusuf Subagyo beserta Babinsa menghadiri Sosialisasi "Gerakan Pengendalian OPT Padi" dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cilacap bertempat di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung, Kamis (13/06).

Pada saat memberikan materi, Kepala Dinas Pertanian Ir. Daniar menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi pengendalian hama ini dilaksanakan dikarenakan banyaknya keluhan para petani tentang hama yang menyerang dan memasuki area lahan padi khususnya di Desa Sindangbarang.

"Pengendalian hama dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama pada padi yang berumur baru satu bulan, tidak semakin banyak dan berkembang karena hama merupakan musuh para petani yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi"katanya.

Sementara itu Staf Teknis Laboratorium PHP Banyumas, Ir. Supriyadi juga mengatakan bahwa datangnya hama berupa rumput liar merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam. Namun demikian dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL yang didampingi Babinsa, diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani.

" Kami juga mengharapkan adanya sinergitas antara Babinsa dan PPL di lapangan serta selalu erat agar dapat menutupi kekurangan satu sama lain sehingga kerjasama yang terjalin dapat menorehkan keberhasilan berupa peningkatan produksi gabah di wilayah Kecamatan Karangpucung," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 15/Karangpucung Kapten Yusuf Subagyo juga memberikan motivasi kepada para petani agar para petani terus mempunyai semangat untuk bekerja.

"Jangan sungkan untuk menyampaikan keluh kesah ataupun kendala yang ditemui kepada para Babinsa karena mereka siap membantu para petani dari mulai masa tanam hingga panen nantinya, " ucap Danramil.

| Urip