Kodim 0104/Atim Gelar Pembinaan Fungsi Siter TW-III Ta.2019



SamudraNews.com | Langsa-Kodim 0104/Aceh Timur gelar pembinaan fungsi siter triwulan III tahun 2019, kepada Koramil jajaran Kodim 0104/Atim yang bertempat di 24 Koramil wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, Rabu (04-09-2019).

Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) melalui Pasiter Kapten Inf Meswanto mengatakan bahwa, Komando Distrik Militer (Kodim) merupakan eselon pelaksana Komando Daerah Militer/Komando Resort Militer (Kodam/Korem) dan berkedudukan langsung di bawah Korem. Kodim bertugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat serta menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam/Korem. Fungsi utama selain Operasi Militer Perang (OMP) tugas Kodim juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yakni Pembinaan Teritorial dimana Binter berfungsi untuk menyelenggarakan pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan perlawanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial dan pembinaan bakti TNI, “ungkapnya.

Lanjutnya, sasaran yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Triwulan-III TA. 2019 Kodim 0104/Atim adalah terselenggaranya kegiatan Pembinaan Fungsi Siter Kodim sesuai dengan target yang telah ditetapkan, Meningkatnya kemampuan kinerja Pasiter Kodim dalam melaksanakan tugas pembinaan Teritorial, serta Meningkatnya kemampuan mobilitas Pasiter Kodim dalam melaksanakan tugas.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yakni Sebagai pedoman bagi Staf Teritorial Kodim 0104/Atim dalam menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Fungsi Siter sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Komando Atas dalam menjalankan tugas pokok, “pungkasnya.

Materi yang dilaksanakan antara lain :

a.         Menyelenggarakan Fungsi teritorial;

b.         Melaksanakan koordinasi dengan Bati Puanter, Bati Bakti TNI, Bati Wanwil, Bati Komsos dan Bamin di dalam pelaksanaan tugas fungsi teritorial;

c.         Melaksanakan pengawasan Staf tentang kegiatan pembinaan teritorial yang telah diprogramkan; dan

d.         Menyiapkan laporan sesuai dengan bidang tugasnya kepada satuan atas.  

| Kusdiyono