Ketua DPRD Hadiri Musrembang RKPD Kabupaten Serdang Bedagai


SamudraNews com-Serdang Bedagai, Ketua DPRD Serdang Bedagai M. Riski Ramadhan Hasibuan, SE, SH, M.Kn, bersama anggota DPRD Kab Serdang Bedagai, mnghadiri kegiatan musrebang RKPD kabupaten untuk wilayah Kecamatan Pegajahan.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sergai, mengajak seluruh stake holder yang hadir baik dari pemerintahan, legislatif dan masyarakat untuk sama-sama menenetapkan perencanaan pembangunan skala perioritas dan teringritas dengan pokir (pokok fikiran),DPRD dan Renja Pemerintah  Serdang Bedagai. 



Acara dilqnjutkan dengan pengajuan usulan skala perioritas seitiap desa yang dikomandoi oleh Kecamatan dan Bapeda Kabuppaten Serdang Bedagai. 

Diantara usulan yang menjadi perioritas tahun 2021  adalah pengaspalan dari Desa Bengabing Menuju ibu kota Kecamatan Pegajahan, bantuan ternak kambing dan domba yang diusulkan Desa Bingkat dan Sukasari.

Menaggapi permohonan ternak tersebut Dinas Ketahanan Pangan mempersilahkan kepada Desa yang mengusulkan agar memasukan usulannya agar dapat disusun dalan Renja Dinas Ketahanan Pangan Serdang Bedagai pada tahun 2021, serta menawarkan kepada kelompok ternak yang ingin mengusulkan permohonannya pada tahun 2020 agar dapat dimasukan pada eproposal APBD Provinsi Sumatera Utara.

Lebih lanjut diterangkan oleh Perwakilan OPD Dinas Ketahanan Pangan, bahwasannya masyarakat yang ingin mengusulkan permohonannya haruslah melalui wadah kelompok tani atau kelompok ternak memiliki legalitas berupa Akta Notaris yang sudah terdaftar di Kemenkumham dan SIMLUHTAN serta memenuhi persyaratan lainnya hal ini juga dibenarkan oleh Ketua DPRD. 


Sementara itu Kadis sosial H.Ifdal, S. Sos juga menambahkan bahawasannya di Dinas Sosial juga memiliki program bantuan ternak kambing dalam bentuk uang yang masuk kedalam rekening kelompok Usaha Bersama (KUBE) dengan syarat yang lebih ringan. Mengutip dari website kemsos.go.id Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga. 

Usaha Ekonomi Produktif (UEP) adalah bantuan sosial yang diberikan kepada kelompok usaha bersama untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga. KUBE beranggotakan 5 sampai 20 Kepala Keluarga dari masyarakat miskin yang masuk dalam Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu (DTPFMOTM).tandasnya.

Selanjutnya pada hari Kamis (27/2/2020), musrembang RKPD Kabupaten dilaksanakan di Kecamatan Sei Bamban, Kepala Dinas Ketahanan Pangan M.Aliuddin SP, MP selaku ketua tim yang membacakan podato Bupati Serdang Bedagai diwarnai antusias masyarakat dalam mengusulkan bantuan ternak untuk anggaran tahun 2021.

Namun seperti biasa usulan didominasi kegiatan fisik seperti perbaikan ruas jalan kampung Pon menuju jalan Bakaran Batu sepanjang 8000 meter, ruas jalan pringgan kampung Pon - jalan Sei Buluh sepanjang 1000 meter karena jalan tersebut rusak parah dan berlubang dan lain lain. 

Hal ini menjadi saling berebut skala perioritas diantara Desa yang mengusulkan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap keluh kesah masyrakatnya.

| Dewan Redasi