Satu Orang Padagang Sayur Di Langsa Positif Corona


SamudraNews.com-Langsa-Aceh, seorang ibu rumah tangga berinisial N (56) yang berpropesi sebagai pedagang sayur beralamat di desa Sungai Lueng Kecamatan Langsa Timur kota Langsa di nyatakan positif Corona.

" Kita sudah menerima hasil sweb yang dikirim dari Balitbangkes Aceh tadi pagi bahwa yang bersangkutan benar posotif covid 19″  Demikian ungkap, Direktur RSUD Langsa, dr Fardhyani, dalam Konfrensi Pers yang digelar di kantor gugus tugas covid, Rabu, (01/07/2020) petang.

Lanjutnya, Saat ini  yang bersangkutan dirawat di RSUD Langsa. Sesuai catatan kita yang bersangkutan masuk ke RSUD Langsa melalui IGD umum pada tanggal 27 Juni 2020 dengan keluhan demam,  batuk dan sesak napas, urai Fardhyani.

Bahkan sebelumnya juga  pernah di rawat di Puskesmas Langsa Timur dengan keluhan demam, batuk dan sesak.Bakan menurut keterangan petugas medis sebumnya yang bersangkutan sudah sakit demam dirumah selama 1 minggu.

"Setelah tiba di RSUD karena keluhan sesak, demam dan batuk, kita berinisiasi untuk melakukan rapid test dan hasilnya  reaktif. Mengingat hasilnya reaktif malam 27 itu  langsung kita swab dan mengirim ke Balitbangkes Aceh di Banda Aceh",ujarnya lagi.

Setelah hasil swabnya keluar ternyata yang bersangkutan positif corona. Akibat hal  tersebut 15 petugas kesehatan di Puskesmas Langsa Timur kita isolasi mandiri, serta  16 petugas IGD RSUD Langsa juga kita lakukan isolasi mandiri. Ujar Fardhiani.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Covid Langsa, Usman Abdullah,SE yang juga Walikota dalam kesempatan tersebut meminta menghimbau masyarakat untuk tidak panik. Dan yang penting dalam beraktifitas tetap mengikuti protokol kesehatan.

" Jangan lupa kalau beraktifitas diluar rumah pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun" ujarnya.

Kasus positif covid di Langsa yang terpapar seorang pedagang sayur ini harus kita tuntaskan dengan segera. Hasil rekam jejaknya ternyata yang bersangkutan  tidak ada riwayat perjalan ke daerah pandemi.

Kita sedang menjajajaki dari mana riwayat penularanya. Karena beliu beraktifitas di pasar ( pajak sayur kota Langsa)  maka ini transmisi lokal, atau dari penyuplai sayur  dari medan. Mari kita tetap menjaga diri dengan mengikuti protokol kesehatan, karena hal ini salah satu upaya memutus mata rantai virus Corona, tandasnya.

| Roby Sinaga