146 Personel Kodim 0104/Atim Jalani Vaksinasi ke 2

0

SamudraNews.com | Langsa - Vaksinasi Covid-19 suntikan ke 2 tahap II untuk anggota TNI. Di wilayah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur pada hari ini di mulai.

Sebanyak 146 dari 649 Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodim 0104/Aceh Timur di suntik Vaksin Sinovac. Bertempat di Aula Serbaguna Makodim, Jln. Jenderal Ahmad Yani, Gp. Payabujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Senin (05-04-2021).

Pelaksanaan vaksin pada tanggal 05 s.d 08 April 2021 dan di ikuti oleh 24 jajaran Koramil dan Staf Kodim.

Kapolkes IM 09.02 Langsa Peltu M. Irwan Sihombing mengatakan setelah pelaksanaan suntikan ke 1 pada tanggal 15 s.d 18 Maret 2021. Tujuannya untuk mengatasi pandemi Covid-19.

“Vaksininasi suntikan ke 2 bagi Personel Kodim 0104/Atim ini di jadwalkan akan di laksanakan selama 4 hari,” ungkap Kapolkes.

“Agar tidak terjadi penumpukan, sudah kita atur pelaksanaan vaksin pagi, siang dan sore, jadi personel di vaksin sesuai antriannya”,” terangnya.

Pantauan di lokasi sebelum di vaksinasi. Peserta terlebih dahulu melaksanakan pendaftaran/pemeriksaan data, lalu tahapan skrining atau pemeriksaan singkat kesehatan hingga proses penyuntikan vaksinasi.

Setelah selesai di suntik, prajurit di minta untuk menunggu selama 30 menit di ruang observasi, lalu di berikan kartu vaksinasi Covid-19.

Koordinator Program Imunisasi Dinas Kesehatan Langsa Afridawati, S.Ars. mengatakan Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, dimana tubuh akan menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Biasanya dengan pemberian vaksin.

Sedangkan Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme. Atau bagiannya atau zat yang di hasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman. Yang apabila diberikan kepada manusia akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Ada juga pertanyaan dari beberapa anggota, apakah Vaksin itu obat?

Vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat. Selama belum ada obat yang defenitif untuk Covid-19. Maka vaksin Covid-19 yang aman dan efektif serta perilaku 3M (memakasi masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak). Adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit Covid-19.

Bagaimana Vaksin bisa bekerja dalam tubuh untuk melindungi kita?

  1. Vaksin adalah produk biologi yang diberikan kepada manusia untuk melindungi tubuh dari macam penyakit.
  2. Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang.
  3. Tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya.

Sementara Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) menambahkan kegiatan vaksin ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Langsa. Ini merupakan implementasi perintah dari pemerintah. Anggota TNI AD menjadi sasaran vaksin tahap kedua. Karena TNI termasuk dalam ranah pelayanan publik.

Hari ini kita laksanakan suntik ke 2, yang merupakan tindak lanjut dari vaksin yang sebelumnya.

Harapannya adalah memberikan contoh bersama-sama dengan Polri juga. Kegiatan vaksin ini kepada masyarakat, sehingga penyebaran Virus Covid-19 dapat kita tekan dengan program vaksinasi yang kita laksanakan

“Walaupun sudah melaksanakan vaksinasi, tetap harus mematuhi aturan protokol kesehatan, sehingga program vaksinasi ini bisa efektif”,” tutup Dandim.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)