Lagi, Etnis Rohingya Terdampar di Pulau Idaman Aceh Timur

0

SamudraNews.com |Aceh Timur - Terjadi kembali puluhan manusia perahu pencari suaka pengungsi etnis Rohingya terdampar di Pulau Idaman, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (04-06-2021).

Menurut laporan dari Danramil Simpang Ulim Kapten Inf M. Kaoy mengatakan, terdamparnya puluhan manusia perahu atau tepatnya 81 orang etnis rohingya terdampar di Pulau Idaman Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur yang berjarak 70 km dari Wilayah Lhokseumawe.

Pendaratan etnis rohingya sekitar pukul 07.00 Wib dengan menggunakan saru Unit kapal dan mendarat ke pulau tersebut menggunakan 2 unit perahu karet berjumlah sebanyak 81 orang terdiri dari dewasa dan anak-anak diantaranya 22 laki-laki dan 59 perempuan.

Penanganan oleh Forkopimda melakukan penyekatan terhadap warga pengunjung, dan melakukan pemeriksaan kesehatan awal kepada puluhan etnis rohingya dibantu personel TNI-Polri Aceh timur dengan protokol kesehatan serta menyiapkan kebutuhan logistik sebagai bentuk penanganan awal, sebut Danramil Simpang Ulim Kapten Inf Kaoy.

Sementara itu, Camat Simpang Ulim T. Jalaludin menyebutkan, telah melakukan koordinasi dengan pihak UNHCR untuk proses penanganan selanjutnya.

“UNHCR sedang menyusun joint response dengan IOM, JRS, dan Geutanyo yang akan mengirimkan 2 staf UNHCR nantinya diluncurkan ke lokasi, 1 dari Medan dan 1 dari Lhokseumawe dengan membawa bantuan kemanusiaan. Staf akan diberangkatkan hari ini atau selambatnya besok sudah tiba di lokasi,”.

Saat ini dari TNI Koramil Simpang Ulim jajaran Kodim 0104/Aceh Timur dan Polres Aceh Timur sudah disiagakan di lokasi, sambil menunggu dari pihak UNHCR akan membawa satu penterjemah Rohingya ke lokasi dan juga mitra UNHCR di Lhokseumawe YKMI, terang Camat Simpang Ulim T. Jalaludin. 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)