PKM Berikan Pelarihan Manfaatkan Limbah Pelepah Kelapa Sawit Untuk Pakan Ternak

0

SamudraNews.com | Aceh Tamiang-Aceh, Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Samudra memberikan pelatihan  limbah sawit sebagai pakan produksi Ruminansia kepada kelompok usaha ternak Replita Tani di Desa Sukaramai Dua, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang (5/10/2022).

Pelarihan tersebut di berikan langsung oleh Tri Mustika Sarjani, S.Pd.,M.Pd Selaku ketua Tim PKM Universitas Samudra didampingi anggota Siska Rita Mahyuny, S.Pd.,M.Pd dan Andi Nova, S.Pd.,M.Pd serta dibantu para mahasiswa.

Kepada waspada Tri Mustika Sarjani mengatakan, di Desa Sukaramai Dua, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang ini mempunyai potensi sumber daya alam berupa perkebunan kelapa sawit yang luas dan ternak ruminansia milik kelompok tani.

Potensi ini dapat dimanfaatkan dengan mengolah hasil limbah  pelepah kelapa sawit
segar menjadi potensi sumber pakan organik yang dapat diolah menjadi pakan ternak Ruminansia.

“Trobosam ini dilakukan mengingat terbatasnya pakan utama ternak jenis rumput pada musim kemarau dan penghujan sehingga peternak ruminansia kesulitan menyediakan pakan,” imbuhnya.

Lanjut Tri, kita memanfaatkan limbah kelapa sawit berupa pelepah segar yang tidak dipakai dan dibuang oleh petani menjadi alternatif pakan ruminansia pada saat kesulitan pakan.

PKM memberikan pelatihan kepada kelompok usaha ternak Replita Tani yang terdiri dari masyarakat Desa Sukaramai Dua, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang dan dibantu 2 orang mahasiswa yang dilaksanakan mulai pada tanggal 29 Juni 2022 lalu.

“Metode pelaksanaan kegiatan melalui dua tahap yaitu tahap pertama survey lapangan, sosialisasi dan pelatihan pengelolaan bahan campuran serta pengemasan, tahap kedua pendampingan fermentasi hasil bahan olahan selama 21 hari sebelum pakan diberikan kepada sapi,” ujarnya.

Kemudian, hasil produk berupa olahan pakan ternak yang dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas daging dari komposisi campuran pada pembuatan dengan berbagai bahan tambahan dapat meningkatkan kualitas daging sapi.

“Dengan adanya pelatihan yang di berikan PKM ini, masyarakat dapat mandiri menyediakan stok pakan ruminansia dengan daya simpan lebih lama sehingga tidak kesulitan pada saat musim penghujan dan musim kemarau,” katanya.

|***

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)