28 Sekolah TK Aceh Selatan di Negrikan

0



SamudraNews.com | Aceh Selatan -Aceh, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Secara Simbolis meresmikan 28 Sekolah TK Se-kabupaten Aceh  selatan di Sekolah Taman Kanak-Kanak  Dharma Wanita Gampong Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah, Senin (28/11/2022).

Pada Kesempatan tersebut turut berhadir, Asisten Pemerintahan, Kamarsyah, S.Sos, MM, beberapa Anggota DPRK, Para Kepala SKPK, Bunda PAUD Kabupaten Aceh Selatan, Para Camat, Unsur Muspika Kecamatan Kluet Tengah, Komite Sekolah, Para Keucik se-kluet tengah dan para kepala TK se-kabupaten aceh selatan, serta mantan Bupati Aceh Selatan Tgk. Husin Yusuf.

Tgk. Amran dalam sambutannya mengatakan bahwa, setelah 16 tahun penantian untuk penegerian Sekolah TK, baru hari ini kembali terwujud penegeriannya, sebab sebelumnya hanya 11 TK Negeri yang ada di Kabupaten Aceh Selatan dan terakhir diresmikan pada Tahun 2006, dengan demikian jumlah TK Negeri saat ini sebanyak 39 sekolah yang tersebar diseluruh Kecamatan.

Keberadaan taman kanak-kanak sebagai mitra keluarga, merupakan wadah bagi orang tua dan juga pendidik, untuk mempersiapkan anak-anak kita para permata bangsa, sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang. 

Dengan peresmian penegerian 28  Sekolah TK merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan agar terwujudnya sinergitas berbagai pemangku kepentingan layanan PAUD, secara holistik dan integratif. 

Penegerian sekolah TK ini  juga merupakan bentuk kehadiran pemerintah daerah ditengah-tengah masyarakat, dengan harapan nantinya taman kanak-kanak negeri mampu mengembangkan diri untuk menjadi model pendidikan anak usia dini yang terbaik, dan terus berpacu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kabupaten aceh selatan  yang kita cintai. Ujar Bupati.

Lebih lanjut Beliau menyampaikan, Pendidikan anak pada usia dini adalah pondasi dari pendidikan karakter. Oleh karenanya sejak awal tahun 1990-an, dunia pendidikan di Indonesia telah menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai langkah awal untuk memberikan rangsangan pendidikan dan membantu proses tumbuh kembang anak, sehingga memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan di tingkatan lebih lanjut.                           Ucap Tgk. Amran.

Dalam regulasi  Undang-Undang Nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dijelaskan bahwasanya taman kanak-kanak merupakan salah satu satuan pendidikan anak usia dini pada jalur formal yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak umur empat sampai dengan enam tahun, dengan 4 prioritas pada usia lima sampai dengan enam tahun. Tutup Bupati. 

Sebelumnya Kadis Pendidikan Kabupaten Aceh Selatan Akmal, AH, S.Pd dalam sambutannya mengatakan,  mustahil hal ini terwujud tanpa ada kerjasama dan dukungan semua pihak, kami tidak pernah menyerah dan putus asa untuk meraih harapan dan impian ini.

Alhamdulillah pada hari ini harapan tersebut dapat kita wujudkan, seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak, dan salah satu yang membuat kita bangga yakni baru-baru ini Kepala TK Insan Madani Meukek, Julia Amalia Hasibuan, S.Pd masuk dalam 5 besar Kepala TK Inspiratif Tingkat Nasional  dari ribuan TK yang ada di Indonesia, Ungkap Kadis Pendidikan. 

| Tini

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)