Masuk Tahap Pemupukan, Babinsa Ruswandi Semangat Belajar Kepada Warganya

0

SamudraNews.com | Aceh Timur - Serka Ruswandi Babinsa Koramil 03/Rts Kodim 0104/Atim terjun bersama warga binaannya dalam pemupukan padi milik Sulaiman (37) warga Desa Bayeun Kec. Rantau Selamat Kab. Aceh Timur, Minggu (01/01/2023).

Kegiatan pendampingan pertanian membantu dalam aktifitas warga di wilayah binaan saat masuk musim tanam padi adalah suatu wujud aplikasi dari jiwa seorang prajurit TNI-AD di satuan teritorial, hal yang merupakan aplikasinya dari Santi Aji pada 8 (delapan) Wajib TNI dalam mengatasi dan mendukung usaha usaha masyarakat di sekelilingnya.

Kegiatan pemupukan lahan sawah seluas -+ 10 rante tersebut berawal dari anjangsananya ke rumah Sulaiman yang sudah berjanji untuk mengajarinya cara bagaimana menabur pupuk jenis Orea agar tidak menumpuk dan dapat menghemat jumlah pemakaian pupuknya namun tidak mengurangi khasiat dan kegunaan bagi padi yang sudah berumur satu bulan itu, belajar pangsung praktek yang disalurkan Sulaiman itu juga sejak kecil sudah dilakukannya, pasalnya teori langsung praktek itu lebih mudah diingat dan permanen dalam menanamkan ilmunya, jelas Serka Ruswandi kepada awak media lewat gruop medsosnya.

Waktu kegiatan yang sudah di atur sebaiknya dilaksanakan di bawah jam 09.00 Wib itu adalah pemanfaatan embun pagi yang masih ada di dedaunan padi, hal ini lah yang harus selalu diperhatikan oleh penabur pupuk, sedangkan ketika pukul 09.00 Wib yang biasanya embun akan secara otomatis menguap melalui panasnya sinar matahari tentunya tidak dapat kita manfaatkan atas kandungan embun yang turut larut di dalam air di sekitar tanaman padi, imbuh Babinsa Ruswandi.

Maka setelah Sholat Shubuh terus sarapan secukupnya dan segelas teh manis di Makoramil 03/Rts, ia langsung bergegas menuju rumah Sulaiman agar sesuai waktu yang telah disepakati untuk datang jangan lewat dari pukul 07.00 Wib, karena yang biasanya kegiatan itu diawali Sulaiman saat terang terang tanah berkisar -+ pukul 06.15 Wib, yang Alhamdulillah Babinsa Ruswandi sampai dirumahnya -+ pukul 07.00 Wib, terangnya lagi.

Dengan harapan Serka Ruswandi pembelajaran hari ini meskipun praktek dengan pemupukan seluas satu rante saja ia lakukan dengan semangat, pelajaran yang mesti diingatnya terus dan menjadi bermanfaat untuk dilaksanakan nanti saat keinginannya pada musim tanam depan akan bersawah, dan buat warga binaanya Sulaiman mendapat pahala sebagai ilmu yang bermanfaat sebagai amal ibadahnya hingga akhir hayatnya, amin amin amin yarobbal alamin, pungkasnya.(Ihy)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)