UNSAM Langsa Laksanakan Kegiatan Maspamaru

0


Sejumlah calon mahasiswa/i Universitas Samudra Langsa sedang mengikuti kegiatan
 Masa Perkenalan Mahasiswa Baru (Maspamaru) didepan gedung kampus, senin (5/9).(foto.doc-apid)
SAMUDRA News | Langsa
Setelah melewati Idul Fitri 1432 H dengan penuh suka cita, Calon Mahasiswa/i (cama/i) baru Universitas Samudra Langsa Tahun Akademik 2011/2012 bersiap diri untuk memulai aktivitas baru kegiatan Ospek. Kegiatan ini bertema “Tingkatkan Peran Mahasiswa Dalam Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi” yang akan berlangsung dalam beberapa hari dengan dikoordinasikan oleh Pema Universitas Samudra Langsa bersama seluruh Himpunan Mahasiswa Program Studi dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Samudra Langsa. Ospek dimaksud diselenggarakan dengan tujuan agar para mahasiswa baru dapat mengenal dekat tentang profil universitas sebagai kampus yang inovasi dan profesional serta menjadi media yang baik  untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan, perencanaan, visi dan misi, serta agenda-agenda baik akademik maupun non-akademik dari setiap program studi sehingga mahasiswa baru benar-benar siap untuk beradaptasi sebagai individu baru yang  dikenal sebagai “ Mahasiswa/agent of chage”. 

Namun dalam pelaksanaan Ospek yang sudah berlangsung beberapa hari ini, hanya diikuti oleh sekitar 870 cama/i. Hal ini, dinilai tidak memenuhi kuota dari jumlah kelulusan yang telah diumumkan oleh pihak universitas. “mahasiswa yang mengikuti maspamaru tahun ajaran 2011/2012 tidak memenuhi kuota dari jumlah kelulusan. Memang pada pelaksanaan dihari pertama, terdapat sedikit perubahan pada jadwal, yang awalnya harapan panitia cama/i sudah berkumpul pada pukul 06.30 namun harus digeser beberapa jam karena faktor cuaca. Akan tetapi, menurut saya ini tidaklah menjadi dasar mengenai kurangnya kuota mahasiswa yang mengikuti maspamaru, melainkan karena tingkat pemahaman tentang pentingnya mengikuti maspamaru yang masih kurang” ujar Bustami Mantan Senat Fakultas Hukum yang dikonfirmasikan via jejaring sosial Facebook. 

Meskipun demikian, dengan semangat para teman-teman panitia, perjalanan ospek yang sudah berlangsung selama dua hari tetap harus mencapai tujuan pertama, yaitu yang pada intinya setiap kegiatan yang dilaksanakan diharapkan dapat melatih kemandirian, mendorong tumbuhnya solidaritas, membangkitkan wawasan almamater, melatih kreativitas dan kecerdasan emosional dan serta yang paling penting adalah semakin meningkatkan kecerdasan spiritual melalui kegiatan-kegaitan yang sudah di-setting oleh panitia.
 “Kita berharap dengan maspamaru ini dapat menjadi bekal awal bagi cama/i hingga dapat menggambarkan jati diri mahasiswa yang sesuai dengan peran dan fungsinya sehingga nantinya mampu mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi serta fungsi mahasiswa sebagai agent of chage benar-benar dapat berguna bagi bangsa dan negara.” Ungkap Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Samudra Langsa Kafeyeddin selaku penganggungjawab kegiatan maspamaru. (d4nt4)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)