Andai Aku Menjadi Presiden Mahasiswa

*Pesan Untuk Presiden Mahasiswa UNSAM Kedepan 

Fadel Aziz Pase
Oleh: Fadel Aziz Pase

Alhamdulillah, Saya diberikan amanah sebagai mahasiswa, dan saya harus menjalankan amanah ini sebaik-baiknya, Seorang mahasiswa memiliki amanah dari rakyat indonesia, dalam membuat keadaan bangsa menuju kearah yang lebih bercahaya. Seorang mahasiswa adalah agen perubahan, dan masa depan indonesia nanti sangat ditentukan dari pemuda, termasuk mahasiswa. Dan Presiden Mahasiswa adalah pemimpin yang dapat menentukan arah pergerakan dari mahasiswa dalam melaksanakan amanahnya. Mahasiswa memiliki amanah yaitu mencerdaskan diri dalam rangka memberi manfaat kepada bangsa. 

Untuk itu, andai saya menjadi Presiden Mahasiswa maka saya menekankan pergerakan berupa koordinasi setiap mahasiswa dalam memberikan manfaat pada bangsa namun tidak terlepas dari pengembangan sumberdaya mahasiswa. Terkait pendidikan, Indonesia saat ini memiliki banyak masalah yang berawal dari kepribadian bangsa indonesia sendiri yang kurang baik, termasuk para mahasiwa sendiri, untuk itu perlu peningkatan kecerdasan emosional dari mahasiswa sendiri, tanpa kecerdasan emosional maka segala riset dan teknologi yang dikembangkan oleh universitas tidak mampu diterapkan dengan baik. 

Untuk itu kegiatan akan mengembangkan kecerdasan emosional mahasiswa dan pergerakan lebih kearah penerapan riset dan teknologi yang sudah ada dan sangat banyak dan pelayanan dalam rangka bentuk pengabdian pada masyarakat. Sehingga mahasiswa dituntut mengetahui informasi dari riset yang sudah ada, lalu informasi dari keadaan bangsa indonesia saat ini yang memiliki banyak masalah untuk diperbaiki Pendidikan kewirausahaan dan penerapannya, kegiatan seni yang merupakan pengasah perasaan dan olah raga menjunjung tinggi sportifitas, semua ini sangat dipengaruhi akan kebijakan universitas, daerah, dan nasional dan presiden mahasiswa menjadi wakil mahasiswa didalam MWA, dan diperlukan koordinasi yang baik dalam menjalankan amanah ini. 

Andai Aku menjadi Presiden Mahasiswa (Pesan Untuk Yang Akan Menjadi Presiden Mahasiswa) 

Kabinet : Menuju Cahaya 

Departemen Komunikasi dan Informasi 
Bagian Informasi Link Hubungan luar 

Mengembangkan jaringan ke masyarakat, perusahaan dalam rangka kerja sama, dan memiliki bank data. 
Bagian Informasi kemahasiswaan : Buletin dan Mading 

Membuat buletin kepengurusan, memberikan informasi pada pengurus, mengelola mading dalam informasi pada mahasiswa. 
Bagian Informasi Riset dan teknologi 

Memberikan informasi pada mahasiswa tentang riset dan teknologi yang ada saat ini, sebagai peluang kewirausahaan untuk diterapkan mahasiswa. 
Bagian Informasi Keadaan Bangsa 

Menginformasikan keadaan daerah, masalah-masalah dalam masyarakat terutama dalam bidang keilmuan yang dimiliki Unsam, dapat menjadi tujuan dari informasi dalam penerapan Riset dan teknologi. 

Departemen Pendidikan 

1. Bagian Pengembangan ESQ 

Mengadakan kegiatan serta opini dalam membangun Emosional Spiritual 

2. Bagian Pengembangan Intelektual 

Mengadakan kegiatan dalam Intelektual Mahasiswa, PKM, akademik, dan bahasa asing 

3. Bagian Pendidikan Kewirausahaan 

Mengadakan kegiatan dan opini kewirausahaan, untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kemampuan kewirausahaan 

4. Bagian Pengembangan Softskill 

Mengadakan kegiatan pengembangan kepemimpinan, public speaking, dll 

5. Bagian Personalia Pengurus 

Menjaga motivasi Pengurus berupa sharing dll 

Departemen Kebijakan 
Bagian Kebijakan Kampus 
Bagian Kebijakan Daerah 
Bagian Kebijakan Nasional 

Departemen kebijakan mempengaruhi kebijakan kampus, daerah, dan nasional dengan pemecahan masalah berdasarkan ilmiah dan logika, juga menginformasikan masalah kepada mahasiswa, dapat berkordinasi dengan Departemen Komunikasi dan Informasi. 

Kebijakan kampus turut membantu Presma dalam perwalian di MWA, Departemen kebijakan menumbuhkan jiwa kritis dan perubahan dalam diri mahasiswa, serta mampu membuat mahasiswa berkontribusi dalam mempengaruhi kebijakan Universitas, daerah, dan nasional 

Departemen Masyarakat dan Lingkungan

Pintu gerbang dalam peranan universitas dalam meningkatkan keadaan sosial dan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat sekitar, dengan segala keilmuan dalam universitas yang harus berpengaruh bagi masyarakat sekitar kampus, kegiatan kampus dikordinasikan kearah masyarakat, dapat berupa follow up pendidikan dalam penerapannya. 
Bagian Konservasi Lingkungan 

Keadaan lingkungan kampus harus diperhatikan oleh mahasiswa dan masyarakat kampus itu sendiri, menumbuhkan jiwa melestarikan lingkungan dan turut mendukung organisai-organisasi pencinta lingkungan 

Departemen Olah raga dan Seni 

Peningkatan sportivitas mahasiswa dapat melalui kegiatan olah raga, namun kegiatan ini diberikan suasana sportifitas yang kuat, mahasiswa diarahkan untuk tidak bertindak buruk seperti berkelahi. 
Bagian Seni 

Mendukung kegiatan seni berdasarkan norma-norma, memberikan partisipasi kegiatan seni dalam kegiatan-kegiatan. 

Departemen Keuangan dan Kewirausahaan 
Bagian Efisiensi Pemantau keuangan Departemen 

Tim Keuangan mengkordinasikan bendahara, dan bendahara departemen, termasuk bendahara kegiatan dalam rangka keterbukaan setiap saat. Termasuk persiapan dalam pemantauan DPM 

Bagian Kewirausahaan 
Tim Kewirausahaan, Follow up dari Departemen Pendidikan bagian Pendidikan Kewirausahaan, dan Departemen Komunikasi dan Informasi bagian Ristek, dan informasi keadaan bangsa, dapat dalam bentuk kerjasama dengan perusahaan luar, masyarakat, dan mahasiswa sendiri. Dalam rangka fundrising dari BEM yang membutuhkan dana besar. 

Itulah yang ada dipikiran saya, semoga para calon yang ingin mencalonkan diri sebagai calon presiden nahasiswa tahun ini bisa memberikan perubahan untuk Unsam Tercinta, semoga. Amiiin.....[]

*Penulis adalah Pemimpin Redaksi Samudra News dan Mahasiswa Fakultas Hukum
Tags