Faperta Unsyiah Gelar Workshop Peningkatan Skill Mahasiswa

Panitia Penyelenggara | Keumala
BANDA ACEH | Samudra News - Fakultas Pertanian Unsyiah menyelenggarakan workshop kewirausahaan dengan tema “Peningkatan Softskill Mahasiswa Pertanian di ruang MPR FP, Sabtu (3/11/2012). Workshop yang berlangsung hingga sore hari dibuka oleh PD3, Ir. Edy Marsudi selaku ketua pelaksana acara.

Worshop tersebut mengundang beberapa narasumber pengusaha sukses seperti H.Abubakar Usman (CEO dan Founder PT.Pante Pirak Sejahtera), Idrus Usman (Personal Staff PT.Pante Pirak), dan Sampirlan S.Ag (Direktur CA. LA Garden). Para narasumber tersebut memberikan pembekalan kepada para mahasiswa agar mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mengubah mindset bahwa menjadi PNS bukan satu-satunya cara untuk sukses setelah menyelesaikan kuliah.

“Berwirausaha itu tidak sulit, tinggal bagaimana kita berani mengambil resiko. Tanpa keberanian, semua tidak akan ada artinya apa-apa”, ujar Abubakar Usman. Abubakar Usman sebagai CEO PT.Pante Pirak Sejahtera mengaku bahwa dulu usahanya masih kecil dan banyak tantangan. Namun, berkat pengembangan usaha dan pelayanan yang baik, sekarang Pante Pirak mampu membuka 40 titik usaha dibeberapa kota dengan omset yang besar.

Selain itu, narasumber juga menambahkan bahwa sebenarnya sektor pertanian di Aceh memiliki peluang besar untuk merintis usaha. Tenaga kerja yang melimpah, dan masih banyaknya lahan marginal adalah faktor yang sangat mendukung. Oleh karena itu, diharapkan jiwa usaha terbentuk sejak masih kuliah sehingga tidak susah mencari pekerjaan lagi setelah menyelesaikan kuliah.[keumala]