Delapan Mahasiswa Unsyiah Raih Beasiswa Djarum

BANDA ACEH | Samudra News - Mahasiswa Unsyiah berhasil meraih Beasiswa Nasional (Beswan) Djarum. Mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran 2 orang, Fakutas Ekonomi 2 orang, Fakultas Hukum 2 orang, Fakultas MIPA dan Teknik Kimia masing-masing 1 orang.

Teuku Johar Pratama, Mahasiswa Teknik Kimia yang berhasil meraih beasiswa tersebut pun mengungkapkan alasannya mengikuti program Beswan Djarum.

"Biasanya kalau beasiswa itu hanya diberi uang tunai saja. Namun berbeda dengan Beswan Djarum. Program Beswan sering menggelar acara sebanyak 3 kali dalam setahun. Dalam acara tersebut, selain ada pelatihan soft skill juga kita dapat bertemu dengan para penerima Beswan se-Indonesia yang akan memperbanyak link kita," ujar Teuku Johar Pratama.

Joe mengakui untuk mengikuti program ini, ia telah mempersiapkan diri sejak awal kuliah. Saat pertama kali mengenal Beswan ia sudah mulai latihan presentasi.

"Ini merupakan beasiswa yang hanya diperuntukkan untuk semester 5. Bisa dibilang ini beasiswa sekali seumur hidup," kata Joe.

Seleksi Beswan Djarum yang dilaksanakan pada bulan Juli 2012 diikuti oleh 106 Mahasiswa Unsyiah. Namun hanya 8 orang yang berhasil menjadi penerima Beswan. Mereka siap berangkat ke Semarang pada 15 November mendatang untuk ikuti pelatihan. Di sana mereka akan bertemu 500 penerima Beswan Djarum se Indonesia.

"Pada tanggal 15 November 2012 kita akan bertemu dengan seluruh penerima Beswan. Selanjutnya, pada bulan Februari 2013 akan ke Bandung untuk ikut kegiatan Character Building. Terakhir, pada bulan Mei 2013 akan ke Jakarta untuk ikut Pelatihan Leadership," ujar Joe.

Joe mengatakan, mereka akan berusaha memberikan yang terbaik pada program Beswan Djarum agar tahun depan kuota mahasiswa Unsyiah untuk Beswan tersebut dapat ditambah. [AP]