Aceh Timur Resmikan Dua Kemukiman Baru

0
Camat Idi Tunong Dahlawi, S.Ip sedang menyematkan tanda pangkat bagi 
dua Mukim yang baru dilantik yakni mukim Kuta Baro dan Mukim Kemeumuneng 
di aula gedung kantor cam,at idi Tunong pada Kamis, 12 Maret 2015.
samudranews.com | Aceh Timur - Kecamatan Idi Tunong yang merupakan pemekaran dari Kecamatan idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur memiliki luas wilayah 74,70 Km² dengan jumlah Gampong sebanyak 25 Gampong dan 1 Kemukiman dengan jumlah KK sebanyak 2.456 KK. Dengan luasnya kecamatan tersebut tentunya sangat menyulitkan bagi sebahagian masyarakat dalam hal musyawarah Gampong termasuk dalam upaya memajukan masyarakat di segala bidang termasuk bidang pemerintahan.

Dalam upaya meningkatkan kesejahtraan masyarakat di bidang pemerintahan dan pembangunan khususnya Kecamatan Idi Tunong maka di  pandang perlu untuk membentuk dua kemukiman baru yang terdiri dari, Mukim Kuta Baro dan Mukim Kemeumuneng. Hal tersebut dikatakan oleh Camat idi Tunong, Dahlawi, S.Ip ketika memberikan laporan singkat pada acara peresmian Mukim Kuta Baro dan Mukim Keumuneng di Aula Kantor Camat Idi Tunong, Kamis, 12 Maret 2015.

Dalam kata sambutannya, Asisten III, Syafrizal, SH yang mewakili Bupati Aceh Timur mengharapkan dengan hadirnya dua mukim baru tersebut maka masyarakat dapat lebih dekat untuk berpatisipasi dalam  pembangunan di Kecamatan Idi Tunong, pembentukan Mukim Kuta Baro Dan Mukim Keumuneng  di Kecamatan Idi Tunong dalam Kabupaten Aceh Timur telah tercamtum Dalam Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 3 Tahun 2014.

Blang Siguci sebangai Kemukiman induk yang dahulunya memiliki luas wilayah 7370 m² setelah pemekaran luas wilayahnya berkurang menjadi 1631 m²  yang membawahi Gampong Blang Siguci, Bantayan Barat, Seunebok Teupin Panah, teupin Panah, Bukit Pu’uk, Buket Rumia dan Gampong Blang Minje.

Sementara dua kemukiman yang baru diresmikan, yakni Keumukiman Keumuneng terdiri Dari  Gampong Kedeu Kumuneng, Seneubok Buya, Padang Kasah, Alu Lhok, Paya Awe, Paya Gaboh, Seneubok Drien dan Kemeuneng. Dengan luas wilayah kemukiman 2940 m² serta Kemukiman Kuta Baro yang terdiri dari Gampong Buket Teuku, Alu Kumbang A, Alue Kumbang M, Keumuneng Lhok, Seunebok Baro,Seuneubok Jalan, Seuneubok Buloh, Seuneubok Meureudu, Seneubok Dalam dan Seuneubok Punti memiliki luas keumukiman 2799 m².


| Arjuna

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)