Arsip Gampong Aset Awal Daerah

0
Kepala ARPUS Aceh Timur, Subki, SE sedang menyerahkan Atribut Bagi Sekretaris Gampong secara simbolis
Samudranews.com - Aceh Timur | Arsip merupakan asset Negara yang berharga, Arsip merupakan warisan yang cukup tinggi nilainya untuk generasi mendatang yang perlu dipelihara serta dilestarikan. Keberadaan Arsip merupakan suatu hal yang sangat penting untuk sejarah masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.
 
Gampong merupakan awalnya sebuah pemerintahan yang terkecil untuk tingkat Kabupaten, dan pemerintahan Gampong merupakan ujung tombak pemerintahan karena pemerintahan Gampong bersentuhan langsung dengan masyarakat oleh karena itu segala bentuk arsip yang berada di Gampong harus tetap terpelihara dan terjaga sebagai sebuah pembuktian maupun sejarah yang pernah terjadi di gampong tersebut untuk generasi berikutnya.
 
Sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang terus berkembang,maka perlu dilaksanakannya penataan kearsipan yang baik dan benar, selain untuk kepentingan pemerintah daerah dan juga pemerintahan gampong. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mencoba mengambil bagian melalui program sosialisasi penyuluhan kearsipan dengan harapan akan ada perubahan terhadap kelangsungan pengelolaan arsip yang ada di gampong agar bisa dikelola dengan baik dan benar. Berdasarkan dengan hal tersebut,pemerintah Aceh Timur melalui Kantor Arpus Daerah mengadakan Acara Sosialisasi Penyuluha Kearsipan Bagi Sekretaris Gampong dalam Kabupaten Aceh Timur tahap Pertama yang diikuti sebanyak 50 peserta yakni para Sekretaris Gampong yang berasal dari Kecamatan Simpang Jernih 8 orang, Kecamatan Birem Bayeun 27 Orang, Rantau Selamat 14 orang dan Kecamatan Sungai Raya 1orang. Menurut Subki, SE selaku Kepala Arpus Aceh Timur menjelaskan kegiatan ini akan terus berlanjut dimana setiap tahapannya akan dihadirkan para Sekretaris Gampong yang berasal dari empat Kecamatan dan begitu seterusnya sampai dengan Kecamatan Madat, namun mengingat keterbatasan dana yang ada tidk setiap Sosialisasi dilaksanakan di Aula Kantor ARPUS Aceh Timur, akan tetapi sosialisasi ini akan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan misalnya untuk Kecamatan Simpang Ulim, Madat, Pante Bidari dan JULOK akan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Simpang Ulim” ujarnya.
 
Sementara itu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Moch. Mukhtar, M.AP dalam kata sambutanya ketika membuka Acara Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan Bagi Para Sekretaris Gampong ini mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini (Selasa, 09 Juni 2015) merupakan suatu kegiatan yang sangat baik untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dibidang kearsipan, diamping itu pembinaan teknik kearsipan vagi sekretaris Gampong juga bisa menciptakan masyarakat di pedesaan untuk mengenal, memahami dan mencintai kearsipan, sehingga program dan kegiatan harus dikemas secara lebih kongkrit agar dipahami oleh masyarakat pedesaan dan sekaliguspula akan memberikan dampak yang sangat positif bagi pengelolaan arsip untuk Sekretaris GGampong yang ada di Kabupaten Aceh Timur” ujarnya.
 
| Arjuna.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)