Foto: Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE membuka Pembekalan Imam, Khatib se-Kota Subulussalam

SamudraNews.com-Subulussalam, Aceh - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE buka Pembekalan Imam, Khatib se-Kota Subulussalam di aula Masjid Agung Subulussalam, Rabu (9/10).

Minta para peserta mengikuti rangkaian pembekalan dengan penuh semangat dan tanggung jawab, Affan Bintang pastikan kalau pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah di daerah ini memerlukan dukungan semua pihak. 

Ditegaskan, melalui khutbah dan ceramah-ceramah oleh para imam dan khatib di semua desa, diharapkan pendalaman aqidah masyarakat bisa diberikan secara berkelanjutan.

Bintang juga  meminta para khatib, imam selalu menyosialisasikan penutupan semua toko menjelang pelaksanaan shalat Jumat.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSIPD), Drs. H. M. Yakub KS, MM melaporkan, diundang peserta pembekalan sehari yang bertujuan sesuai tema 'tingkatkan wawasan dan keilmuan dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan alquran dan sunnah' sebanyak 200 orang imam/khatib dari 107 masjid dalam 82 desa dari lima kecamatan se-Kota Subulussalam.

Dasar pelaksanaan, imam dan khatib selalu tampil di tengah-tengah umat, memimpin shalat, fardhu kifayah, sebagai khatib dan kegiatan Islam secara total. Tak kalah penting, sebagai tempat bagi masyarakat untuk bertanya tentang persoalan yang terjadi sehingga perlu wawasan dan pengetahuan dalam pelaksanaan keagamaan. 

Materi dan penyaji meliputi, syarat menjadi Imam dan Khatib, Ust. Hotma Capah, Pendalamam Fasakhah dan Tajuid, Ust. Amiruddin Zulfarsy, Fardu Kifayah Ust. Sabariono serta Shalat Jamak dan Qashar oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Drs. H. Azharuddin Paeteh. 

Diserahkan di sana Kitab Kuning secara simbolis oleh Wali Kota, Bintang kepada sejumlah Pimpinan Dayah, sebut M. Yakub sejalan dengan visi misi Bintang - Salmaza menjadikan Subulussalam sebagai Kota Santri.

Hadir Wakil Wali Kota, Drs. Salmaza, MAP, Ketua MPU, Kepala Mahkamah Syariyah, SKPK, camat, Pimpinan Dayah dan undangan lain.

 |Khairul


Post A Comment: