Dalam Rapat Senat Terbuka, Rektor : 2035 Visi Unsam Menjadi Perguruan Tinggi Negri Mandiri & Unggul

0


SamudraNews.com | Langsa-Aceh, Dalam rangka Dies Natalis ke IX tahun 2022, Universitas Samudra menggelar Rapat Senat Terbuka, Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, MT, kompetensi sumber daya manusia akan mendukung  tercapainya visi UNSAM tahun 2035, “menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang Mandiri dan Unggul”. Jumat (13/5/ 2022)

Rektor Universitas Samudra Dr. Ir. Hamdani, MT dalam sambutan pidato nya memaparkan, terimakasih disertai apresiasi setinggi-tingginya kepada para pendiri, serta tokoh-tokoh penegerian yang telah meletakkan pondasi pendidikan tinggi bagi UNSAM, hingga hari ini senantiasa mendamping dan mengawal perkembangan dari masa ke-semasa.

Pada hari ini kita juga baru saja selesai melakukan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional bertema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar”, katanya.

Lanjutnya, Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013 tentang Pendirian Universitas Samudra, adapun telah diamanatkan bahwa Pertimbangan Pendirian Universitas Samudra adalah untuk peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia serta pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Provinsi Aceh.

Untuk menghadirkan pendidikan tinggi yang bermutu dalam kurun waktu Juli 2013 s/d September 2021, dibawah kepemimpinan Rektor Dr. Bachtiar Akob, M.Pd, Universitas Samudra telah berhasil melengkapi seluruh organisasi tata kerja sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013, urainya.

"Berdasarkan keluarnya izin pendirian 14 program studi baru, bahkan dengan jumlah dan keadaan tenaga dosen yang sangat terbatas pada saat itu, sebanyak 70 orang Dosen dan tenaga pendidik hanya 126 orang" imbuhnya.

Selanjutnya Tahun 2018 Univeritas Samudra telah memperoleh akreditasi institusi dengan predikat B. Sedangkan untuk akreditasi prodi, sebanyak 23 prodi juga telah memperoleh akreditasi B, sehingga menyisakan 3 prodi saja dengan akreditasi C.  

Dalam kurun tersebut Universitas Samudra juga telah berhasil dengan bertambahnya jumlah dosen dengan tingkat pendidikan Doktor dari 1 orang pada tahun 2013 menjadi 26 orang pada tahun 2021. 
 
Dan pada tahun 2021 ini juga Universitas Samudra telah semakin berjaya dengan diangkatnya sebanyak 57 orang dosen dan 51 orang tenaga kependidikan dari Non PNS menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja maupun berstatus PNS. Maka saat ini jumlah dosen Universitas Samudra seluruhnya 303 orang dan 225 orang tenaga kependidikan yang melayani 8951 orang mahasiswa.

Kesempatan yang telah diperoleh ini tentu saja kita diharapkan akan mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang akan mendukung bagi tercapainya visi UNSAM pada tahun 2035, “menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang Mandiri dan Unggul”.

Demikian pula dengan berbagai prestasi telah dicapai oleh para mahasiswa UNSAM, baik melalui program kreativitas mahasiswa maupun dalam bidang olah raga, dan lain-lain. 

"Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kiranya telah merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No 3 Tahun 2020 telah juga memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya" beber Rektor Lagi. 

Bentuk-bentuk pembelajaran diluar kampus tersebut disisi lain kiranya juga telah memberikan tantangan sekaligus kesempatan kepada para mahasiswa kita khususnya untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas dan kepribadian serta mengembangkan kemandirian dalam mencari, menemukan dan mengkontruksikan pengetahuan pada dunia nyata. 

"Dalam pidato memperingati Hari Pendidikan Nasional Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengatakan Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar" ibuhnya lagi   

Menurut Rektor, Pada Tahun 2020, UNSAM telah berhasil melaksanakan kegiatan MBKM melalui program pertukaran mahasiswa, KKN Tematik dan kampus mengajar. Berbagai tantangan yang kita hadapi telah mampu mendorong Unsam untuk terus berbenah diri dalam segala bidang agar mampu terus bergerak melaksanakan Merdeka Belajar, serta mampu menyediakan pendidikan tinggi yang terbaik untuk menghasilkan lulusan yang unggul". 

Untuk membangun sinergi dan meningkatkan kualitas pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dalam rangka mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berorientasi hasil, maka pada tahun 2020 yang lalu telah dikeluarkan juga Keputusan menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 754/P/2020 tentang indikator kinerja utama Perguruan Tinggi Negeri dan lembaga layanan pendidikan tinggi di lingkungan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Ada 3 sasaran utama yang diharapkan dapat dicapai yaitu, Meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi dengan indikator kinerja, Meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi, dan Meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penilaian IKU untuk kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2020 dan tahun 2021. UNSAM perlu membenahi proses tracer studi, meningkatkan kerjasama yang akan menghasilkan aksi kepada generasi terdidik sebagai penerus kemajuan bangsa dan desain kurikulum yang mampu menghasilkan lulusan yang yang berkualitas.
Universitas Samudra memiliki 15 prodi berbasis saintek, untuk menunjang proses belajar mengajar, maka dengan sumber dana SBSN pada tahun ini akan dilakukan pembangunan gedung laboratorium Dasar yang dilengkapi dengan peralatan praktikum mahasiswa dan peralatan penelitian.

Dengan tujuan menyediakan kesempatan mahasiswa melaksanakan seluruh program dalam kebijakan MBKM. Universitas Samudra  juga telah membentuk 5 (lima) Pusat kegiatan, yaitu Pusat Pengembangan Karir dan Bisnis untuk mendukung program kewirausahaan mahasiswa,  Pusat Kajian Hukum dan Hak Kekayaan Intelektual untuk mendukung program proyek independen mahasiswa, Pusat Studi Sejarah dan Ideologi mendukung kegiatan kampus mengajar dan proyek kemanusiaan, dan Pusat Inovasi Sains dan Teknologi untuk mendukung program penelitian mahasiswa, dan program membangun desa.

Disisi lain, kata Rektor, untuk penyediaan tenaga ahli dalam bidang pengembangan dan pengelolaan sumberdaya alam di Provinsi Aceh. UNSAM telah membentuk panitia pengkajian pendirian Program Studi Geofisika dan Program Studi Pengelolaan Wilayah Pesisir. Dan untuk mendukung ketersediaan tenaga ahli kesehatan di Aceh bagian timur, UNSAM juga telah mempersiapkan panitia pengkajian pendirian Program Studi Kedokteran yang memperoleh dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kota Langsa".  

Universitas Samudra juga berkeinginan ikut serta dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas pendidik. Pada saat ini FKIP UNSAM sedang mempersiapkan proposal untuk pengusulan pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) bekerjasama dengan konsorsium LPTK yada dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat. 

Dengan kerjasama yang baik, kita harapkan seluruh usulan pendirian program studi baru tersebut dapat terealisasi pada tahun akademik 2022/2203. 

Sesuai dengan arahan Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang mengharap diusia UNSAM yang semakin matang ini menjadi percontohan dalam implementasi MBKM. Untuk itu saya mengajak seluruh sivitas akademika Universitas Samudra untuk bersama-sama melaksanakan pemulihan dan bergerak serentak untuk Merdeka Belajar.

Pada hari ini Universitas Samudra baru berumur 9 Tahun, masih sangat panjang perjalanan yang akan dilalui oleh Unsam dengan berbagai tantangan kedepan sesuai dengan perubahan yang begitu cepat dalam dunia usaha dan dunia industri. 

UNSAM akan terus terus mempersiapkan SDM dosen dan SDM tenaga Kependidikan yang unggul dan bersinergi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk menghasilkan lulusan yang unggul.  

Dengan mengucapkan Alhamdulillahrirabbil a’lamin, Kami mewakili segenap unsur pimpinan dan Sivitas Akademika Universitas Samudra mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas dukungan semua pihak terhadap terselenggaranya Dies Natalis ke-9 Universitas Samudra. 

Selamat Memperingati 9 Tahun Universitas Samudra, Semoga Universitas Samudra Menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang Mandiri dan Unggul"Aamiin, Rektor Unsam mengakhiri.

Dies Natalis ke-IX Unsam tahun 2022 turut mendapat sambutan serta dukungan positif dari berbagai kalangan terdiri dari, Mendikbud, Mentri Agraria, Wali Nangroe, TNI/Polri dan Support dukungan secara langsung dari Pemkot Langsa dibawah pimpinan, Usman Abdullah SE (Toke Suum)

Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-IX (9) digelar di Auditorium setempat dengan dihadiri diantaranya, Unsur Forkopimkot, Para Rektor, Dekanat, Para Civitas Akademika, Alumni, Organ Kemahasiswaan, serta tamu undangan lainnya.

| Roby Sinaga

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)