Dinas PUPR Langsa Kembali Menggelar Pengajian Rutin, Menghadirkan Abati Shalahuddin

0

Abati Salahuddin (tengah) Kadis PUPR Muharram,ST, (buju putih )

SamudraNews.com | Langsa-Aceh,Di jumat ke dua pada Bulan Ramadhan 1444 H, Dinas PUPR Langsa kembali melaksanakan pengajian rutin yang di gelar di Mushollah lingkungan Kantor PUPR Langsa  dan menghadirkan Tokoh Agama Karismatik dan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Langsa,Tgk, H.Salahuddin Muhammad, M,S. Ud.S.H,Jumat (31/3/2023).

Dalam kesempatan itu Kadis PUPR Langsa Muharram, ST mengatakan, Dibulan yang penuh berkah dan bulan penuh ampunan ini kita kususnya dinas PUPR mengadakan pengajian rutin yang bertujuan menambah keiman dan membentuk akhlak yang baik didalam bekerja.


Kemuduan di dalam tausiyahnya nya Ketua MPU Langsa yang kerap di sapa Abati Shalahuddin menjabarkan tentang  berbuka puasa mengikuti ajaran Rasulullah SAW.

" Rasulullah SAW berpesan: Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih.’ (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Ketika berbuka puasa, Rasulullah SAW berdoa: "Dhahaba azh-zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah),” (HR. Abu Daud No. 2357, Hasan)" ujar Abati.

Lanjut Abati, Bulan Ramadhan yang datang satu tahun sekali ini hendaknya kita laksanakan dengan sebaik baik nya, dan perbanyak membaca Al Qur'an, bersedakah.

"Bulan puasa juga menjadi momen yang tepat untuk berbagi dengan sesama,
sekaligus menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak pahala di bulan suci Ramadhan.

"Rasulullah SAW bersabda : Siapa yang memberi makan (saat berbuka) untuk orang yang puasa, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang diberi makannya itu tanpa dikurangi sedikitpun dari pahalanya. (HR. At-Tirmizy, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaemah)" imbuh Abati lagi.

Lajut Abati, Ada hal yang tidak kala penting nya kita lakukan yakni, 
menunaikan Zakat Fitrah di bulan Ramadhan nanti, agar ibadah selama bulan puasa tersebut menjadi sempurna. Hitung dan tunaikan zakat ini sesuai dengan ketentuan Al Quran.  

"Selain menyucikan diri kita, Zakat Fitrah juga akan melengkapkan pahala yang didapat selama bulan Ramadhan" 

Rasulullah SAW mewajibkan Zakat Fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

|Roby Sinaga 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)