Bunda PAUD Kota Langsa Dan Kadisdikbud Kota Langsa Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan

0


SamudraNews.com | Langsa - Aceh, 
Bunda PAUD Kota Langsa Cut Safrida
Komitmen membantu dan mendukung  gerakan transisi PAUD ke SD menuju pendidik Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan di usia 0 sd 8 th demi menciptakan generasi emas 2045 nanti,Rabu (7/6/2023).


Dalam Rakor Bunda PAUD se Indonesia di jakarta, mengajak stake holder yg terlibat bersama menjadi mitra melalui kegiatan aksi nyata mendukung program tersebut.

Bunda PAUD Kota Langsa menyampaikan bahwa, pada gerakan masa transisi PAUD ke SD di awali dengqn Penerimaan Peserta Didik Baru pihak sekolah tidak menjadikan tes calistung sebagai syarat masuk sekolah SD/MI, ketika anak-anak masuk ke kelas yang baru di lakulan pengenalan lingkungan sekolah selama 2 minggu dan jadikan pembelajaran di kls 1 dan 2 sebagai pembelajaran yang  mnyenangkan.

" Pada intinya demi masa depan generasi emas Pemko Langsa mendukung Gerakan transisi PAUD- SD, tentunya agar wacana ini berjalan lancar kita perlu dukungan semua pihak seperti, Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Pengawas, Kepala sekolah,guru dan peran para orang tua serta lembaga pendidikan yg terkait lainnya" ujar Bunda Paud Kota Langsa.

Lanjutnya sebagai tahap awal dalam minggu ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu guna mendukung pelaksanaan program pemerintah pada tahun ajaran baru 2023-2024 ini maka Bunda PAUD Kota Langsa bersama Steckholder langsung beraksi dan langsung mempraktikkan kegiatan tersebut di semua SD/ MI yang ada di Kota Langsa dan terus melakukan pendampingan kepada seluruh Satuan Pendidikan yang ada

" Hal ini dilakukan demi mendukung masa depan generasi emas penerus bangsa dan dengan adanya transisi ini, perlu dilakukan dan di dukung untuk dalam hal merancang kegiatan dan efektif dalam membangun 6 (enam) kemampuan fondasi bagi anak. Ketika masuk tahun ajaran baru para orang tua lebih mengutamakan mengantarkan anak anaknya ke sekolah untuk memasuki kelas yang baru agar terjadi interaksi  emosional dan sosial anak untuk langsung menyesuaikan diri" harapnya.

Sementara itu Kadisdibud Kota Langsa Dra, Suhartini,M.Pd mendukung Bunda PAUD Kota Langsa dalam kegiatan transisi Paud SD kepada anak anak masuk di kelas baru mereka, yaitu kelas satu SD, atmosfirnya tidak jauh beda dengan suasana saat mereka masih duduk di PAUD yakni belajar sambil bermain.

"Kendati suasananya sama mereka rasakaan saat masih di belajar di PAUD, akan tetapi secara perlahan-lahan pola belajar literasi dan numerasinya disesuaikan dengan lingkungan sekitar sekolah menuju ke SD. Satuan pemdidikan akan mengubah halamannya menjadi sarana belajar bagi usia dini tersebut" tandasnya.

Dra. Suhartini. M.Pd.
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa juga hadir Mendampingi Bunda PAUD Kota Langsa pada  Kegiatan komitmen bersama Bunda PAUD Se-Indonesia untuk mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Jakarta yang di selenggarakan oleh Kemendikbud.

| Roby Sinaga 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)