Modus Penipuan Menang Undian Marak di Aceh

Banda Aceh | Samudra News  - Aksi penipuan yang disampaikan melalui pesan singkat (SMS) kembali marak terjadi di Aceh. Setiap hari, banyak warga Banda Aceh yang menerima pesan singkat yang menyatakan pemilik nomor telepon seluler bersangkutan memenangkan undian hadiah bernilai puluhan juta rupiah.
Seorang warga Lhong Raya Banda Aceh, Ayu (37) mengungkapkan, dalam sehari kadang dia mendapat SMS memenangkan undian berhadiah dua-tiga kali. Untuk mendapat hadiah tersebut, sang penipu meminta target menghubungi nomor tertentu.

"Karenanya, perlu dilakukan pengawasan secera efektif penggunaan nomor seluler karena jika tidak aksi penipuan ini tak akan habis-habis," ujar Ayu, Selasa (13/11).

Dikatakannya, seharusnya polisi juga bisa menciduk pelaku penipuan ini. Karena, dalam melakukan aksinya, penipu ini menggunakan nomor ponsel yang bisa dihubungi. Kalau hal ini terus dibiarkan, pasti banyak yang tertipu.

"Kasihan masyarakat di pedesaan yang tak paham, pasti ada yang tertipu," ungkap ibu rumah tangga ini.

Secara terpisah, Head of Branch Banda Aceh Department Telkomsel, Ihsan, mengingatkan mayarakat agar tetap berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Jika pelanggan menerima informasi menjadi pemenang salahsatu program undian Telkomsel, sebaiknya melakukan konfirmasi ke nomor layanan Call Center bebas pulsa Telkomsel yaitu 133 dari kartuHALO dan 155 dari kartu simPATI dan Kartu As. 

Dikatakan, Telkomsel juga menyediakan layanan alternatif jika ingin berbicara langsung dengan petugas melalui layanan 188 (berbayar) untuk kartu prabayar. Selain itu pelanggan juga dapat mendatangi kantor layanan GraPARI Telkomsel terdekat. 

"Hal terpenting adalah kita tidak pernah mengenakan biaya apapun kepada pelanggan yang menjadi pemenang undian berhadiah dari Telkomsel, baik dalam bentuk uang tunai maupun pulsa," tegasnya.

Beri apresiasi

Di sisi lain, Ihsan mengungkapkan, saat ini Telkomsel kembali memberikan apresiasi kepada pelanggan Telkomsel di Aceh melalui program Rezeki Isi Pulsa Aceh. Hanya dengan melakukan isi pulsa, pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah utama satu unit mobil Honda Brio, lima unit HP Android dan puluhan juta voucher pulsa. 

"Program ini berlaku hingga 31 Januari 2013," jelas Ihsan sambil menambahkan, program Rezeki Isi Pulsa Aceh merupakan program apresiasi kepada pelanggan Telkomsel yang melakukan isi pulsa di wilayah Telkomsel Cabang Aceh. 

Lebih lanjut, Ihsan mengatakan, program ini merupakan program kesetiaan kepada pelanggan Telkomsel yang melakukan isi pulsa di wilayah Cabang Aceh. Diharapkan melalui program ini pelanggan Telkomsel di Aceh akan semakin merasakan manfaat lebih. [ad]
Tags