Dinas Syari’at Islam Aceh Timur Selengarakan Pelatihan Fardhu Kifayah

0
Peserta pelatihan terlihat sedang tekun mengikuti materi pelatihan yang disampaikan oleh pemateri pada pelatihan fardhu kifayah. []foto.SN.Mmg
samudra-new.com | Aceh Timur - Dengan tema “Melalui Pelatihan Fardhu Kifayah, Mari Kita Tingkatkan Perannya Sebagai Perwujudan Pelaksanaan Syariat dan Syiar Islam Dalam Kabupaten Aceh Timur”, Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur pagi ini 13 Mei 2014, melaksanakan Acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Tajhiz Mayat tahun 2014, bertempat di Mesjid Istiqamah Gp. Seuneubok Barat Kemukiman Seuneubok Muku Kec. Idi Timur. Dalam sambutannya Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur, Ir. H. SANUSI, MM mengatakan, Perjuangan panjang melalui UU no. 44 tahun 1999 tentang penyelenggaraan Keistimewaan Propinsi Daerah Istimewa Aceh dan Perda Propinsi Daerah Istimewa Aceh no. 5 tahun 2000 tentang pelaksanaan syariat islam, telah membuka jalan lebar untuk pelaksanaan syariat islam secara kaffah yang telah menjadi keyakinan dan cita-cita masyarakat aceh. Berbagai qanun juga telah dikeluarkan untuk pembinaan aqidah, ibadah dan syiar islam dimana kita semua wajib bekerja keras untuk mengisi, menegakkan dan mengamalkan syariat islam sekarang ini, sesuai dengan Qanun Propinsi NAD no. 11 tahun 2000 tentang pelaksanaan syari’at islam bidang aqidah, ibadah dan syiar islam.

Pemerintah juga telah berusaha keras untuk mendukung pelaksanaan syariat islam di Kabupaten Aceh Timur termasuk pelatihan tajhiz mayat yang dilaksanakan hari ini, merupakan salah satu penjabaran dari Qanun no. 11 tahun 2000 yang telah lahir di Provinsi Aceh. Dengan adanya pelatihan ini maka akan tercipta kader-kader penerus dalam pengurusan mayat serta dapat menyuarakan/menyampaikan pelaksanaan syariat islam beserta Qanun-Qanunnya kepada masyarakat dalam Kabupaten Aceh Timur.

Pada saat sekarang ini banyak gampong-gampong yang kekurangan orang dalam pengurusan jenazah di gampong lain atau bahkan orang yang mengurusi jenazah di gampong tersebut orang yang telah lanjut usia sehingga suatu saat bila orang tersebut telah tiada maka tidak ada penggantinya.

Ditambahkannya lagi, untuk menjawab permasalahan tersebut, kami dari Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur mencoba melaksanakan satu kegiatan berupa pelatihan tajhiz mayat , dengan harapan bagi peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi guru dan pembimbing bagi masyarakat di gampong masing-masing, sehingga tersedia petugas-petugas tajhiz mayat lainnya dan diharapkan juga kepada para peserta pelatihan dapat menjadi orang terdepan dalam menyuarakan pelaksanaan syariat islam di Kabupaten Aceh Timur.

Dalam laporannya, Khairuddin (Kabid. Bina Peribadatan) selaku panitia pelaksana mengatakan, acara pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan visi dan misi Pemerintah Aceh kepada seluruh peserta pembinaan dan pelatihan sehingga dapat memberikan arah pengembangan selanjutnya tentang pelaksanaan syariat islam, memperluas wawasan dan menambah ilmu pengetahuan dalam pelaksanaan syariat islam serta memberdayakan Tajhiz Mayat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 13-14 Mei 2014, bertempat di Mesjid Istiqamah Gp. Seuneubok Barat Kemukiman Seuneubok Muku Kecamatan Idi Timur, diikuti 48 pentajhiz mayat di Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur.


| Mmg

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)